Rabu, 06 Mar 2019 12:34 WIB

Selain Tes DNA, Adakah Cara Lain Menentukan Hubungan Ayah dan Anak?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada beberapa tokoh yang diketahui melakukan tes DNA untuk membuktikan hubungan biologis. (Foto: dok. detikHealth) Ada beberapa tokoh yang diketahui melakukan tes DNA untuk membuktikan hubungan biologis. (Foto: dok. detikHealth)
Jakarta - Seperti yang dilakukan Denny Sumargo dengan anak dari DJ Verny, tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) bertujuan untuk mengetahui hubungan biologis antara keduanya.

Selain tes DNA, adakah cara lain untuk memastikan ayah kandung atau bukan? Ahli genetik sekaligus Wakil Kepala Laboratorium DNA Forensik Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, dr Helena Suryadi, MS mengatakan pada saat ini hanya tes DNA lah yang bisa menunjukkan kecocokan keturunan.

"Kalau untuk mengetahui ayah kandung ya dengan tes DNA," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (6/3/2019).



"Kalau dulu memang masih pakai golongan darah sebelum ada pengetahuan tes DNA finger print, setelah ada kemajuan teknologi kita menggunakan DNA sekarang," lanjut dr Helena.

Dalam tes DNA atau disebut juga tes paternitas ini, hasil yang didapatkan hanyalah 'cocok' atau 'tidak cocok'. Tidak ada area abu-abu sehingga akurasinya bisa dibilang sangat tinggi.

"Keakuratannya itu 99,99 persen atau 0 persen, jadi iya atau tidak," tandasnya.

(wdw/fds)
News Feed