Rabu, 06 Mar 2019 14:26 WIB

Kenapa Donor Sumsum Tulang Penting untuk Kanker Darah Ani Yudhoyono?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ani dan SBY. Foto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono Ani dan SBY. Foto: Dok. Instagram Ani Yudhoyono
Jakarta - Kabar baik terdengar dari Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan di Singapura. Istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dikabarkan telah menemukan donor sumsum tulang belakang yang cocok guna menangani kanker darah yang diidapnya.

"Barusan saya komunikasi ke Singapura, benar... bahwa adik Ibu Ani, Pak Jenderal Pramono Edhie Wibowo, mantan KSAD, yang 'matching' dan ternyata sangat cocok untuk jadi donor Ibu Ani," kata Ketua DPP Partai Demokrat (PD) Jansen Sitindaon, dikutip dari detikNews, Rabu (6/3/2019).

Donor sumsum tulang belakang diperlukan bagi para pengidap kanker darah sebagai salah satu penanganannya. Ini disebabkan kanker darah bukan termasuk kanker padat dan tempat bermulanya berada di sumsum tulang di mana sel-sel darah sehat diproduksi.


Dikutip dari situs WebMD, donor sumsum tulang sehat ini nantinya akan digunakan untuk prosedur transplantasi. Di dalam sumsum tulang terdapat sel punca, yakni sel-sel muda yang nantinya akan berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.

Transplantasi bagi pengidap kanker darah bisa terbagi menjadi dua, yakni transplantasi sel punca yang diambil dari aliran darah pengidap atau donor. Atau transplantasi sumsum tulang, bisa didapat dari diri sendiri (jika masih ada yang sehat) atau dari orang lain dengan kecocokan tinggi.

Biasanya transplantasi sel punca lebih banyak dilakukan karena lebih mudah dan cenderung bisa pulih dengan cepat. Tujuan transplantasi ini untuk para pengidap kanker darah adalah untuk menjadikannya remisi kanker atau yang berarti tidak ada lagi tanda kemunculan kanker.



Simak Juga 'Mengenal Lebih Jauh Kanker Darah yang Dialami Ani Yudhoyono dan Anak Denada':

[Gambas:Video 20detik]

Kenapa Donor Sumsum Tulang Penting untuk Kanker Darah Ani Yudhoyono?
(frp/fds)
News Feed