Rabu, 06 Mar 2019 17:50 WIB

Minum Jus Seledri Seperti Kim Kardashian, Apa Manfaatnya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kim Kardashian yang mulai rutin minum jus seledri. Foto: Getty Images Kim Kardashian yang mulai rutin minum jus seledri. Foto: Getty Images
Jakarta - Jus seledri menjadi salah satu tips Kim Kardashian menjaga kesehatan. Seledri dianggap mampu menjaga kesehatan pencernaan, kulit, menjaga kecukupan stamina, dan meredakan efek psoriasis.

Dalam salah satu wawancaranya, Kardashian mengaku baru saja memulai rutinitas minum jus seledri. Dikutip dari Daily Mail, dia minum jus tersebut tiap hari meski rasanya tidak enak. Kardasian belum merasakan efeknya, namun dia optimis jus seledri mampu membantu meredakan efek psoriasis yang mengakibatkan kulitnya berwarna kemerahan.

"Saya baru mulai minum jus seledri jadi belum merasakan manfaatnya. Efek psoriasis ini buruk tapi orang-orang di sekeliling saya selalu memotivasi untuk menghadapinya," kata Kardashian.


Dikutip dari situs Parsley Health, minum jus seledri jelas tidak membahayakan kesehatan. Namun menurut dr Gabriela Sadfieh dalam situs tersebut, manfaat minum jus tidak seperti jika makan seledri seutuhnya. Layaknya saat makan buah dan sayur yang lain, serat dalam seledri membantu pengolahan makanan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

"Jika kamu memilih minum jus, pastikan kebutuhan serat tiap hari selalu terpenuhi. Pola makan sehat membutuhkan banyak variasi makanan, sehingga saya merekomendasikan makan hidangan seutuhnya," kata Sadfieh.

Menurut Sadfieh hingga kini belum ada riset yang membuktikan manfaat minum jus seledri di pagi hari. Terlepas dari pro kontra manfaat konsumsi jus, seledri adalah asupan yang kaya nutrisi. Seledri mengandung antioksidan yang mampu mengurangi dampak radikal bebas dari dalam tubuh. Tidak hanya dalam bentuk tanaman, biji seledri juga mempu merawat kulit yang terkena psoriasi serta mengatasi masalah pencernaan misal asma dan bronkitis.

(fds/fds)
News Feed