Rabu, 06 Mar 2019 18:25 WIB

Women's Cycling Community, Komunitas Wanita Kece yang Hobi Sepedaan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Women's Cycling Community (WCC) adalah tempat bagi para pesepeda perempuan untuk bersepeda bersama yang pertama di Indonesia. Foto: PR Women's Cycling Community
Jakarta - Women's Cycling Community (WCC) adalah tempat bagi para pesepeda perempuan untuk bersepeda bersama yang pertama di Indonesia. Komunitas yang dibentuk pada tahun 2015 ini punya tujuan untuk memfasilitasi perempuan dalam olahraga sepeda.

"Awalnya anggota kita cuman 12 orang,.itu juga karena anak-anak triathlon. Sekarang sudah 250 di Jakarta, seluruh Indonesia 800an," kata founder dari Women's Cycling Community, Tabitha Sumendap, saat ditemui detikHealth di daerah Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

Tabby, sapaannya, menuturkan komunitas WCC dibentuk karena melihat di Indonesia masih belum ada wadah bagi pesepeda wanita. Dengan adanya komunitas ini, ia berharap perempuan akan lebih aktif bersepeda dan tak lagi ragu untuk menjadikan gowes sebagai gaya hidupnya.



"Nggak nyangka, feedbacknya positif. Kita pengin women empowerment. Jadi, perempuan saling menginspirasi bukan berkompetisi dan mengedukasi," tambahnya.

Women's Cycling Community yang sebentar lagi akan berusia 4 tahun akan mengadakan group riding sejauh 60 km dengan rute dalam kota sekaligus menyebarkan kampanye mengenai #SahabatDijalan.

"Kampanye ini mengajak para pengguna jalan umum untuk saling respect, protect, dan educate untuk menciptakan rasa nyaman dan aman bersepeda di jalan," tandasnya.

Bagi kalian yang mau bergabung ke komunitas ini, syaratnya gampang banget. Tentunya harus punya sepeda, punya kondisi fisik yang stabil, juga seorang wanita.

(kna/fds)