Jumat, 08 Mar 2019 09:35 WIB

Ingat! Begini Cara Tersehat Mengolah Sayuran

Widiya Wiyanti - detikHealth
Cara tersehat memasak sayuran dengan tidak terlalu lama. Foto: iStock Cara tersehat memasak sayuran dengan tidak terlalu lama. Foto: iStock
Jakarta - Mungkin beberapa orang pernah mendengar sebelumnya bahwa sayuran akan kehilangan nutrisinya saat dimasak dan untuk beberapa vegetarian lebih baik memakannya mentah-mentah.

Namun menurut Melissa Meier, ahli diet bersertifikat di Sydney, cara tersehat memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang adalah memasaknya dengan cepat.

"Sayuran yang direbus dengan cepat, dikukus, atau microwave adalah cara yang baik untuk mempertahankan nutrisi yang sangat penting itu. Roasted, grilled, atau menggorengnya untuk waktu yang singkat juga tidak apa-apa," ujarnya dikutip dari bodyandsoul.com.au.

Kenapa harus dengan cepat? Karena ada beberapa nutrisi yang rentan hilang atau rusak karena proses memasak, misalnya folat, thiamin, dan vitamin C.



Tapi tidak semua sayuran nutrisinya akan berkurang saat dimasak. Seperti wortel yang mengandung karotenoid yang penting bagi kesehatan mata. Saat dimasak, dinding sel akan hancur dan membuat kandungan karotenoid meningkat.

Memasak juga bukan satu-satunya bentuk pengolahan makanan yang dapat mengubah nilai gizi suatu makanan. Mengupas sayuran ternyata dapat mengurangi kandungan serat, vitamin, dan mineral yang terdapat di kulitnya.

"Untuk alasan itu, tidak mengupas sayuran adalah salah satu tips utama saya ketika memaksimalkan nutrisi," tandas Melissa.



(wdw/up)
News Feed