Jumat, 08 Mar 2019 12:37 WIB

Agnez Mo Dikritik Terlalu Kurus, Begini Cara Simpel Hitung BB Ideal

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Agnez Mo kena kritik warganet karena tubuhnya yang terlihat lebih kurus. Foto: Dok. YouTube/Agnez Mo Agnez Mo kena kritik warganet karena tubuhnya yang terlihat lebih kurus. Foto: Dok. YouTube/Agnez Mo
Jakarta - Agnez Mo baru-baru ini kena kritik warganet karena unggahannya di media sosial. Ia menampilkan foto dirinya secara membubuhkan keterangan '#bts another one... #AGNEZMO', pada foto tersebut.

Akan tetapi fokus netizen justru terarah pada tubuh Agnez Mo. Banyak yang beranggapan tubuhnya terlalu kurus.

"Ka bbnya berapa ?? Jangan kurus2 kak," tulis salah satu pengikut Agnez di Instagram.


[Gambas:Instagram]


Mengukur berat badan ideal dibutuhkan untuk mengetahui apakah indeks massa tubuh (IMT) seseorang masuk dalam kategori ideal atau justru overweight (kelebihan berat badan). Menurut dr A.R Inge Permadhi, MS, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, beberapa waktu lalu, ada cara simpel untuk mengetahui kategori berat badan seseorang.

"Cara yang lebih simpel, gunakan saja hitungan berat badan dalam kg dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan," kata dr Inge.

Perhitungan tersebut akan menghasilkan angka yang disebut Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh. IMT sebesar 18,5 kg/m2 artinya kurang gizi, sementara 22,9 kg/m2 berarti normal, sekitar 23-24,9 kg/m2 artinya overweight, sedangkan 25-30 kg/m2 itu obesitas

"Lebih dari 30 (kg/m2) juga obesitas, tingkat 2," lanjut dr Inge.


Meski begitu, perlu dipahami IMT yang rendah belum berarti sehat juga. IMT yang rendah tidak berarti bahwa kamu memiliki tubuh yang sehat, tetapi ini merupakan indikasi bahwa tubuh bisa jadi rentan terhadap infeksi.

Perlu dipahami, berat badan itu juga bukan sekedar massa tubuh, tapi juga termasuk berat otot dan lemak. Jadi, pada orang yang memiliki massa otot dan lemak tinggi, meskipun makan makanan sehat dan olahraga, bisa jadi IMT-nya juga tinggi. (ask/up)