Jumat, 08 Mar 2019 13:24 WIB

Khasiat Peppermint untuk Redakan Batuk yang Wajib Diketahui

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Ketika sedang sakit tenggorokan dan batuk, seseorang sering mencari makanan atau minuman yang mengandung peppermint. Setelah mengkonsumsinya, tenggorokan memang terasa lebih enak dan lega.

Dikutip dari Healthline, mentol pada peppermint mampu melegakan tenggorokan dan berperan sebagai dekongestan. Hal tersebut pun diakui oleh Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi.


"Peppermint bekerja sebagai dekongestan. Artinya bisa melonggarkan saluran pernapasan seperti melegakan hidung tersumbat," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Jumat (8/3/2019).

Selain melegakan saluran pernapasan, peppermint bisa melegakan tenggorokan jika dikonsumsi. Dengan begitu, khasiatnya dapat diserap tubuh sehingga relfeks batuk dapat berkurang.

"Saat peppermint diminum dan melalui tenggorokan akan memberikan efek dingin pada tenggorokan sehingga mengurangi refleks batuk. Selanjutnya setelah diserap tubuh akan membantu menurunkan batuknya," sambung dr. Helmin.

Namun bukan cuma dikonsumsi, khasiat peppermint juga bisa dirasakan dengan hanya menghirup aromanya. Menurut dr. Helmin, hal ini disebabkan bahan aktif pada peppermint masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan.

"Peppermint bisa bekerja dengan cara dihirup, di mana bahan aktif masuk melalui mukosa saluran napas menuju sel-sel di saluran napas sehingga pernapasan lebih lega," ungkapnya.

Untuk meredakan batuk, dr. Helmin menyarankan agar menjaga kesehatan tubuh dengan ragam cara. Salah satunya adalah dengan meminum obat yang sesuai dengan jenis batuk.

"Hindari pencetus batuk dan minum obat batuk sesuai jenis batuknya. Jika berlanjut hubungi dokter," kata dr. Helmin.


Selain obat, konsumsi juga permen yang bisa membantu meredakan batuk seperti Woods' Peppermint Lozenges. Permen kesehatan ini mengandung peppermint asli yang berfungsi memberikan sensasi melegakan tenggorokan dan mentol yang berfungsi sebagai antiseptik alami.

Woods' Peppermint Lozenges sangat baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan, batuk, terpapar polusi, setelah mengonsumsi makanan berminyak, maupun ketika napas kurang segar. (ega/up)