Jumat, 08 Mar 2019 15:00 WIB

Riset Pelajar Sukoharjo: Telunjuk Kanan Paling Sering Dipakai untuk Ngupil

Bayu Ardi Isnanto - detikHealth
Dengan melakukan penelitian tentang ngupil, para santri ini jadi banyak belajar tentang persendian dan anatomi tubuh lainnya. (Foto: iStock) Dengan melakukan penelitian tentang ngupil, para santri ini jadi banyak belajar tentang persendian dan anatomi tubuh lainnya. (Foto: iStock)
Sukoharjo - Jari manakah yang paling sering dipakai orang untuk mengupil? Dua orang santri di Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam, Sukoharjo menjawab pertanyaan 'receh' ini dengan riset ilmiah. Keren!

Riskyatush Shalihah dan Qonitita Luthfiyah Amirah, dia santri kelas X IPA PPMI Assalaam, melakukan penelitian tersebut untuk dikompetisikan dalam Indonesia Fun Science Award 2019, di bawah bimbingan guru fisika, Yan Surono. Terkesan hanya main-main, tapi ternyata metode yang digunakan benar-benar serius.

Layaknya penelitian, mereka harus membuat kajian pustaka sesuai judul penelitian, yakni 'Jari Manakah yang Paling Sering Digunakan untuk Mengupil'. Selain itu, mereka juga melakukan observasi hingga menyebar angket.

"Kesannya memang tidak serius, tapi anak justru semakin ingin tahu kajian keilmuannya. Dengan ini mereka belajar ilmu kedokteran dan fisioterapi," kata Surono saat dihubungi detikHealth, Jumat (8/3/2019).


Peneliti 'ngupil' Riskyatush Shalihah, Qonitita Luthfiyah Amirah, bersama guru pembimbing Yan Surono.Peneliti 'ngupil' Riskyatush Shalihah, Qonitita Luthfiyah Amirah, bersama guru pembimbing Yan Surono. Foto: dok. pribadi


Melalui kajian pustaka, mereka mempelajari macam-macam sendi dan saraf yang ada pada jari. Kemudian bagaimana jari bekerja saat mengupil.

"Mereka menemukan ternyata ada banyak hal yang tidak dipelajari di sekolah. Dengan mempelajari ini, kita bisa tahu bagaimana timbul kenikmatan saat mengupil," candanya.

Mereka juga mengobservasi dan menyebar angket ke 100 orang teman beserta keluarganya dengan teknik random sampling. Kesimpulannya, rata-rata orang menggunakan jari telunjuk kanan untuk mengupil.

"Hasilnya 83 persen memakai tangan kanan, 84 persen memakai jari telunjuk," ujarnya.

Surono mengatakan sebenarnya ada tujuh penelitian yang diajukan dalam kompetisi ini. Namun hanya satu yang masuk ke babak final.

Saat ini kedua santri peneliti telah berada di Serpong, Tangerang dan akan mempresentasikan karyanya besok. Mereka akan bersaing dengan 39 peserta lainnya dalam acara yang digelar Swiss German University ini.

(up/up)
News Feed