Jumat, 08 Mar 2019 18:00 WIB

Ini yang Terjadi Saat Pingsan Seperti Dialami Ibu yang Ngadu ke Jokowi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pingsan terjadi saat otak kekurangan pasokan oksigen (Foto: Thinkstock) Pingsan terjadi saat otak kekurangan pasokan oksigen (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang ibu nekat menerobos barisan Paspampres untuk mengadu ke Jokowi kemudian pingsan. Dikutip dari detikNews, peristiwa ini terjadi saat peresmian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung pada Jumat (8/3/2019).

Pingsan terjadi saat seseorang kehilangan kesadaran selama beberapa saat. Dikutip dari Health Line, kondisi ini terjadi ketika otak tidak mendapat cukup pasokan oksigen. Bahasa medis untuk pingsan selama beberapa menit adalah adalah syncope.



Kehilangan kesadaran bisa diakibatkan lelah, atau mengindikasikan kondisi yang lebih serius misal henti jantung atau napas. Dikutip dari situs heart.org, pingsan akibat lelah atau yang lain bisa diketahui dari kondisi pasien. Penanganan pingsan akibat kondisi tersebut jelas berbeda.

Pingsan akibat kelelahan biasanya diawali pusing, mual, dan telapak tangan yang berkeringat. Bagi yang pingsan akibat kelahan sebaiknya segera dibangunkan dengan menggoyangkan badan. Setelah sadar, pasien harus secepatnya diberi cairan untuk mengembalikan kondisinya.

Penanganan yang lebih serius diterima pasien yang pingsan akibat henti jantung. Pasien biasanya memiliki sejarah penyakit sebelum akhirnya kehilangan kesadaran. Penanganan sebaiknya menyertakan petugas medis dalam waktu kurang dari 4 menit. Misal dengan kompresi dada untuk mengembalikan fungsi jantung dan paru.

(up/up)