Jumat, 08 Mar 2019 20:35 WIB

Begini Cara Membedakan Gejala Bronkitis dan Batuk Biasa

Tim detikHealth - detikHealth
Begini Cara Membedakan Gejala Bronkitis dan Batuk Biasa/Foto: iStock Begini Cara Membedakan Gejala Bronkitis dan Batuk Biasa/Foto: iStock
Jakarta - Selain pilek, batuk adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyerang manusia. Biasanya batuk ini terjadi karena virus yang masuk dan menyerang bagian tenggorokan. Sehingga kemudian terjadi peradangan dan muncul rasa gatal yang menyebabkan batuk.

Penyakit batuk sendiri memang bukanlah sesuatu yang berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun sayangnya tak sedikit penyakit berbahaya yang memiliki gejala awal berupa batuk misalnya saja bronkitis.

Bronkitis sendiri merupakan penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan, di mana virus menyerang bagian paru-paru. Karena bagian vital yang diserang, maka efek dari bronkitis ini bisa mematikan dibanding dengan penyakit batuk biasa. Penyakit ini juga bisa menimbulkan komplikasi ke beberapa jenis penyakit lain seperti asma dan pneumonia atau radang paru-paru. Lalu bagaimana cara membedakan penyakit batuk biasa dengan gejala bronkitis? Simak informasinya berikut ini:





Batuk Disertai Darah

Pada batuk biasa, sangat jarang terjadi kasus munculnya darah pada dahak yang dikeluarkan. Kalaupun terjadi luka pada bagian tenggorokan, biasanya luka tersebut sangat kecil dan kalaupun ada darah akan langsung tertelan sehingga tidak sampai keluar ke mulut. Jika Anda mengalami batuk berdahak dan kemudian muncul darah dari mulut, berarti itu merupakan gejala awal dari penyakit bronkitis. Sebelum berubah menjadi bronkitis akut, pastikan untuk segera melakukan pengobatan ke dokter.

Batuk Dalam Jangka Waktu Lama

Normalnya, batuk yang disebabkan karena virus biasa akan berlangsung maksimal 2 minggu saja. Gejala batuk juga akan mereda ketika menonsumsi obat atau minuman herbal seperti jahe. Tapi jika batuk yang Anda derita tidak kunjung sembuh bahkan setelah mengonsumsi obat batuk, kemungkinan besar itu merupakan tanda awal dari penyakit bronkitis. Batuk yang disertai pilek juga mengacu pada influenza, namun batuk tanpa pilek dengan kondisi tubuh yang makin lemah merupakan gejala bronkitis yang patut Anda waspadai.

Hilangnya Keinginan untuk Beraktivitas

Secara umum, orang yang mengalami bronkitis juga akan merasa selalu lesu dan kekurangan energi. Jadi jika Anda menyadari adanya perubahan pada tubuh menjadi lebih mudah lelah yang disertai dengan batuk berkepanjangan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih lagi pada anak-anak, biasanya gejala bronkitis ini sangat terlihat karena mereka menjadi enggan bermain dan hanya ingin tiduran seharian.

Secara umum, penyakit yang disebabkan oleh virus seperti bronkitis bisa dicegah dengan membiasakan pola hidup sehat. Mencuci tangan misalnya, terkesan sepele namun perlu dilakukan agar tidak ada bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Selain itu, kebersihan lingkungan sekitar juga perlu dijaga. Anda juga sebaiknya tidak berdekatan dengan orang yang menderita penyakit batuk. Meski belum tentu merupakan gejala bronkitis, tapi ada baiknya waspada terlebih lagi penyakit batuk sendiri juga bisa menular dan cukup mengganggu aktivitas.



Pengobatan Bronkitis yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

Tak ada yang lebih baik dari memeriksakan diri ke dokter dan mengikuti pengobatan secara medis saat Anda menderita bronkitis. Tapi di samping itu, ada pula beberapa pengobatan bronkitis yang mudah dilakukan sendiri di rumah seperti berikut ini:

Memperbanyak Istirahat

Menurut penelitian yang dilakukan Sleep Journal Foundation pada tahun 2015 silam, orang yang tidak beristirahat dengan cukup rentan mengalami kondisi kesehatan yang lebih buruk dibanding mereka yang cukup istirahat. Selain itu, virus yang masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit bronkitis juga bisa makin kuat dan menimbulkan infeksi saat Anda kurang istirahat. Beristirahat cukup juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu melawan virus sehingga penyembuhan penyakit bronkitis bisa berjalan dengan lebih cepat.

Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan Tubuh

Tahukah Anda, air putih merupakan salah satu obat terbaik untuk penyakit bronkitis bahkan yang sudah akut sekalipun? Saat Anda mengonsumsi banyak air putih, cairan tersebut akan membantu menghilangkan lendir yang ada di dalam saluran bronkial. Saat dalam pengobatan penyakit bronkitis, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena bisa memperparah kondisi.

Mengonsumsi Nanas

Buah nanas selama ini memang kalah tenar dari jeruk yang dianggap tinggi kandungan vitamin C. Namun buah nanas ternyata juga sangat tinggi vitamin C sehingga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, buah nanas juga kaya kandungan bromelain yang bisa membantu mengatasi peradangan di dalam tubuh termasuk ketika Anda menderita penyakit bronkitis. Nanas ini bisa dikonsumsi langsung secara segar, bisa pula dibuat jus atau dicampurkan ke dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Minum Air Rebusan Jahe

Selain nanas, jahe juga bagus dijadikan pengobatan bronkitis alami. Jahe ini kaya akan kandunagn ekspektoran yang baik untuk mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Untuk pengobatan dengan jahe, Anda bisa mencampurkannya ke dalam masakan atau dikonsumsi langsung. Namun yang kurang suka dengan rasa pedasnya, bisa merebus jahe di dalam air kemudian didihkan. Air jahe ini bisa dikonsumsi secara teratur minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Mengonsumsi Madu dan Lemon

Bukan rahasia lagi kalau madu merupakan salah satu super food yang baik untuk segala jenis penyakit. Madu juga dikenal dengan kekuatan anti inflamasi yang bisa meredakan peradangan. Meski madu sendiri sudah penuh manfaat, namun Anda mendapatkan hasil maksimal dengan mencampurkannya bersama lemon. Madu dan lemon ini bisa menjadi terapi pengobatan alami untuk penderita bronkitis, namun tidak boleh diberikan pada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

Menghirup Uap Panas

Penderita bronkitis memiliki banyak lendir di bagian hidung dan tenggorokan. Untuk mengeluarkan lendir ini, Anda bisa melakukan penguapan sendiri di rumah dengan menghirup uap air panas selama beberapa menit. Anda bisa mencampurkan minyak esensial atau minyak kayu putih untuk melegakan pernapasan dan membantu pengeluaran lendir dengan maksimal. Ada juga alat khusus yang bisa digunakan untuk proses penguapan ini dan bisa didapatkan di toko-toko peralatan medis.

Menggunakan Larutan Garam untuk Berkumur

Air garam sebenarnya bukanlah obat yang bisa menyembuhkan penyakit bronkitis. Namun sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam secara rutin bisa membantu membersihkan saluran pernapasan dan meringankan gejala penyakit bronkitis. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk Anda yang sehat dan ingin mencegah penyakit satu ini, pastikan untuk menghindari rokok. Sebab ada penyakit bronkitis kronis yang disebabkan kebiasaan merokok dalam jangka waktu lama. Saat Anda sudah mulai merasa sesak napas dan sering batuk, maka itu merupakan tanda awal dari penyakit bronkitis kronis. Sebelum terlambat, mulailah gaya hidup sehat yang akan memberikan manfaat untuk diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar.


(nwy/up)