Sabtu, 09 Mar 2019 09:53 WIB

Puluhan Objek Bersarang di Lambung Pria Ini, Termasuk Kunci dan SIM Card

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Dokter menemukan puluhan ojek logam di perut pasien (Foto: thinkstock) Dokter menemukan puluhan ojek logam di perut pasien (Foto: thinkstock)
Jakarta - Lambung seorang pria di India ini tak ubahnya seperti laci almari. Di dalamnya ditemukan 52 objek tidak lazim, seperti koin, anak kunci, magnet, bahkan SIM card.

Puluhan objek yang sebagian besar adalah logam ini terungkap setelah pasien mengeluh nyeri lambung. Pasien yang hanya disebut bernama Jayakumar ini awalnya datang untuk periksa di Institute of Medical Health in Ayanavaram.

Pemeriksaan menunjukkan adanya banyak objek logam bersarang di lambungnya. Seketika, ia dirujuk ke Rajiv Gandhi Government General Hospital (RGGGH).

"Sangat rumit karena kami harus memastikan pasien tidak tercekik atau objek metal tidak masuk ke jalur yang salah di kerongkongan," kata R Jayanti dari RGGGH, dikutip dari deccanchronicle.



Bila tidak segera dikeluarkan, objek-objek tersebut dikhawatirkan melukai usus dan lambung dan memicu infeksi. Dokter mengeluarkan puluhan objek dengan gastroenterologi untuk menghindari operasi besar pada pasien.

Pasien dilaporkan kondisinya membaik dan berjanji tidak akan menelan logam lagi.

(up/fds)
News Feed