Sabtu, 09 Mar 2019 12:51 WIB

Cuma Gara-gara Buka Baju, Perlukah Prabowo Khawatir Masuk Angin?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Resminya, masuk angin bahkan tidak dikenal di dunia medis (Foto: Dok. Instagram Prabowo Subianto)
Jakarta - Ada-ada saja pertanyaan netizen. Di Twitter, pemilik akun juminten menanyakan apakah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak takut masuk angin, terkait aksi buka bajunya baru-baru ini.

Pertanyaan itu dijawab singkat oleh Prabowo, juga melalui Twitter. "Refleks aja terbawa suasana yang sangat bersemangat. Wajar lah," tulis Prabowo.

Dalam cuitan tersebut, Prabowo memang tidak menjawab pertanyaan soal masuk angin. Tapi sebenarnya perlu nggak sih, khawatir masuk angin hanya gara-gara buka baju?

"Sebenarnya masuk angin itu tidak ada di medis," tegas dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA, dokter jantung dari RS Mayapada, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.



Menurut dr Ayu, apa yang biasa dikeluhkan orang awam sebagai 'masuk angin' adalah gejala dari penyakit lain. Di balik keluhan 'masuk angin', biasanya ada penyakit seperti mag atau dispepsia. Bahkan bisa juga karena gangguan jantung, yang gejalanya memang mirip.

"Jangan salah, mag itu kadang-kadang. Ngerasanya mag tapi ternyata dia mengidap serangan jantung. Jadi kalau misalnya ada mag yang hebat sampai keringatan sampai basah satu baju dan muntah, itu sebaiknya ke UGD dan langsung melakukan pemeriksaan EKG," saran dr Ayu.

Karena tidak ada guideline resmi tentang masuk angin, keluhan seperti pegal linu dan perut kembung kerap pula muncul pada berbagai gangguan kesehatan lainnya. Salesma atau pilek misalnya, atau bahkan flu, juga kerap dikaitkan dengan istilah 'masuk angin'.

Karena penyakit yang dimaksud memang berbeda-beda, penyebabnya tentu sangat beragam. Sulit memastikan bahwa buka baju seperti dilakukan Prabowo adalah penyebab utama atau bahkan satu-satunya pada keluhan masuk angin.

(up/fds)
dMentor
×
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses
Mindset dan Mental Pengusaha Sukses Selengkapnya