Sabtu, 09 Mar 2019 16:09 WIB

Sempatkan Tidur Siang Sekalipun di Akhir Pekan, Ini Manfaatnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Walau sebentar, tidur siang efektif me-recharge energi (Foto: thinkstock) Walau sebentar, tidur siang efektif me-recharge energi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kerap kali kita merasa mengantuk setelah jam makan siang. Namun banyak orang merasa sulit atau tidak terbiasa untuk tidur siang. Padahal, tidur siang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Tidur pada siang hari sering kali dihadapkan kepada stigma sosok yang malas atau kurang antusias dalam bekerja, namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Justru tidur siang dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Dikutip dari Health Line, apa saja sih manfaatnya?



1. Tidur siang dapat meningkatkan kesabaran
Tidur siang ternyata dapat membuat kamu menjadi sosok lebih sabar. Peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, melakukan riset pada beberapa orang terkait hal tersebut.

Peneliti meminta para peserta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil penelitian menunjukkan para peserta yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 detik. Beda halnya dengan para peserta yang tidak tidur siang hanya mampu bertahan selama 45 detik.

2. Tidur siang bisa menjadi lebih dewasa
Setelah melakukan perjalanan jauh atau mengerjakan tugas yang berat, tidur siang menjadi salah satu cara ampuh guna meningkatkan kewaspadaan. Kedua hal tersebut dapat menurunkan konsentrasi kamu lho. Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan pilot yang tidur selama 40 menit menjadi lebih waspada.

Sekadar memikirkan tidur siang saja pun sudah membawa manfaat bagi tubuh. Sebuah studi dari Inggris menemukan tekanan darah peserta turun sebelum mereka tertidur. Hanya berpikir untuk tidur siang sudah cukup membawa manfaat bagi tubuh.



3. Tidur siang meningkatkan daya ingat
Manfaat ini didapatkan dari sebuah studi yang dilakukan di Jerman. Pada penelitian ini, peserta diminta untuk menonton DVD dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya.

Setengah dari peserta menonton DVD dan sisanya tertidur. Ketika ditanya tentang apa yang mereka ingat, kelompok orang yang tidur siang dapat mengingat lima kali lebih baik daripada kelompok yang menonton DVD.

4. Meningkatkan kreativitas
Jika memiliki masalah terkait kreativitas, sebaiknya kamu mencoba untuk tidur siang. Hal ini dibuktikan studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick.

Studi tersebut menemukan seseorang yang tidur siang, dengan gerakan mata yang cepat atau tidur nyenyak hingga bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak.

5. Memperbaiki suasana hati
Jika tidak bisa tidur siang, cukup berbaring selama 10 menit ternyata membawa manfaat mengejutkan. Studi pada 2007 menunjukkan hanya dengan berbaring, mood kamu akan meningkat daripada mereka yang tidak sempat tidur siang.

(up/up)
News Feed