Selasa, 12 Mar 2019 15:32 WIB

RSJ di Makassar Sediakan Kamar VIP untuk Caleg Stres, Dicover BPJS Nggak Ya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ruang perawatan di RSKD Dadi Makassar (Foto: Taufiq/detikcom) Ruang perawatan di RSKD Dadi Makassar (Foto: Taufiq/detikcom)
Jakarta - Rumah Sakit Khusus Daerah Sulawesi Selatan (RSKD Sulsel) atau Rumah Sakit Jiwa Dadi Makassar menyiapkan kamar VIP untuk para calon anggota legislatif (caleg) yang depresi. Kamar itu disebut bak hotel. Dikutip dari detikNews, total ada 6 kamar kelas VIP yang disiapkan bagi calon pasien.

Menanggapi hal tersebut, Sekertaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Agus Hadian Rahim mengatakan pembukaan kelas VIP adalah kewenangan rumah sakit. Masyarakat terlepas dari profesi dan latar belakang lainnya bisa menikmati layanan tersebut.

"Di rumah sakit biasanya ada kelas 1, 2, 3, dan akhirnya VIP. Untuk yang pakai asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan biasanya cuma sampai kelas 1 jadi kalau mau VIP harus tambah biaya untuk naik kelas," kata Agus pada detikHealth, Selasa (12/3/2019).



Bagi yang ingin menggunakan BPJS Kesehatan, Agus juga menjelaskan sistem rujukan berjenjang. Pasien harus melengkapi diri dengan surat rujukan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik, atau dokter keluarga yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sebelum menggunakan layanan di rumah sakit.

Agus menjelaskan, gangguan mental sebetulnya bisa terjadi pada siapa saja tidak hanya calon anggota legislatif. Tiap pasien tentunya berhak atas pelayanan kesehatan terbaik yang menunjang kesembuhannya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomer 59 tahun 2014, penyakit kejiwaan dijamin BPJS Kesehatan. Beberapa kondisi yang bisa menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah depresi, gangguan kepribadian, kontrol impulse, gangguan bipolar, dan skizofrenia. Pelayanan kesehatan dijamin secara menyeluruh mulai dari rawat jalan hingga rawat inap.

(up/up)