Selasa, 12 Mar 2019 16:32 WIB

Pria Wajib Tahu, 5 Penyebab Nyeri pada Biji Kemaluan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Testis juga bisa terpelintir (Foto: iStock) Testis juga bisa terpelintir (Foto: iStock)
Jakarta - Testis atau biji kemaluan merupakan salah satu organ vital pada sistem reproduksi laki-laki. Sel-sel sperma diproduksi di bagian ini.

Organ ini sekaligus merupakan salah satu organ yang sangat sensitif. Sedikit saja benturan terjadi di bagian tersebut, ngilunya terasa sampai ke ubun-ubun.

Namun benturan bukan satu-satunya penyebab nyeri pada biji kemaluan. Ada beberapa sebab lain yang mungkin berhubungan dengan penyakit tertentu.



Dirangkum dari Menshealth, berikut beberapa di antaranya.

1. Terpelintir
Testicular torsion adalah salah satu penyebab paling umum nyeri pada biji kemaluan. Pada kondisi ini, saluran sperma terpelintir atau terjepit sehingga aliran darahnya terhambat. Nyeri karena sebab ini biasanya disertai juga dengan pembengkakan.

2. Batu ginjal
Saraf yang berujung di biji kemaluan berasal dari berbagai tempat, termasuk di usus dan ginjal. Sembelit atau susah buang air besar akan menekan saraf tersebut, demikian juga bila terbentuk batu ginjal di dalam tubuh.



3. Vasektomi
Prosedur sterilisasi pada pria, meskipun jarang, bisa menyebabkan nyeri pada testis. American Urological Association menyebut nyeri pada skrotum terjadi pada 1-2 persen pria yang menjalani prosedur ini.

4. Hydrocele
Dalam jumlah tertentu, cairan memang ada di kantong skrotum. Tetapi pada kondisi tertentu, cairan menumpuk terlalu banyak sehingga menyebabkan saraf-saraf di bagian tersebut tertekan.

5. Varicocle
Pembengkakan pembuluh darah vena atau varises juga bisa terjadi di sekitar testis. Umumnya menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan butuh operasi pada kondisi yang parah.

(up/up)
News Feed