Selasa, 12 Mar 2019 19:27 WIB

Tren Kesehatan Baru di 2019: Air Kaktus yang Kaya Nutrisi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Siapa yang mau coba kandungan air dari kaktus? (Foto ilustrasi: Rachmadi Rasyad/detikTravel) Siapa yang mau coba kandungan air dari kaktus? (Foto ilustrasi: Rachmadi Rasyad/detikTravel)
Jakarta - Seiring dengan semakin banyaknya orang sadar akan gaya hidup sehat, semakin banyak pula orang mencari sumber nutrisi yang organik dan tentu menyehatkan. Mungkin dulu air kelapa merajai perjuangan para pelaku diet, namun kini ada yang baru, yakni air kaktus.

Ya, air kaktus sedang naik daun di beberapa kalangan pelaku diet dan diperkirakan akan jadi tren di tahun 2019. Air kaktus dibuat dari konsentrat buah kaktus dan air, mengandung 18 kalori per cangkirnya serta 4 gram karbohidrat, 159 mg potasium, tentu saja tak mengandung gula.

"Tidak sangat serbaguna, namun air kaktus punya kelebihan yang tak hanya mengatasi dahaga. Bisa digunakan untuk smoothies atau untuk merebus ikan. Bisa membantu menghidrasimu dan kandungan potasiumnya bisa membantu penuhi kebutuhan elektrolit usai berolahraga," kata Dana Angelo White, RD, pelatih atletik terdaftar dan penulis Healthy Instant Pot Cookbook.



Air kaktus juga sangat baik untuk yang menjalani diet keto karena rendah karbohidrat dan tanpa gula. Mungkin kedengarannya akan aneh meminum air kaktus, dan beberapa merek di luar negeri telah menjualnya dalam kemasan dengan harga yang fantastis.

Salah satu merek air kaktus tersebut mencantumkan label nutrisi 10 gram kalori, 0 gram lemak, 15 mg sodium, 6 mg potasium, 3 gram karbohidrat, 0 gram serat, 2 gram gula dan 0 gram protein.

Walaupun begitu, tidak bisa serta-merta kita mengandalkan air kaktus untuk memenuhi beberapa nutrisi. Dana Angelo sendiri mengatakan tidak akan 'mewajibkan' pasiennya untuk meminum air ini, namun ia tetap akan memperbolehkan mereka untuk mencobanya. Apakah kamu tertarik untuk mencoba air kaktus?

(frp/fds)