Rabu, 13 Mar 2019 08:02 WIB

Terpopuler detikHealth

Candu Aroma Jempol Kaki, Alasan Pria Cium Bau Tangan Usai Garuk Mr P

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pelatih Jerman Joachim Loew terkenal dengan kebiasaannya garuk-garuk Mr P lalu mencium bau tangan sesudahnya (Foto: getty Images) Pelatih Jerman Joachim Loew terkenal dengan kebiasaannya garuk-garuk Mr P lalu mencium bau tangan sesudahnya (Foto: getty Images)
Jakarta - Suka cium-cium aroma kotoran jempol kaki? 85 persen responden penelitian siswa SMAN di Klaten menjawab iya. Sementar itu, kebiasaan 'jorok' tapi manusiaawi yang dilakukan pria dengan cium bau tangan usai garuk Mr P ini ternyata ada alasan ilmiahnya, loh.

Berikut ini rangkuman dari berita terpopuler, Selasa (12/03/2019).

1. Penelitian 'candu' kotoran jempol kaki

Fauziah Listiana Putri (16) dan Friesta Mayestika (16) mengikuti kompetisi penelitian ilmiah pertama di Indonesia yang mensyaratkan pesertanya untuk mengangkat tema-tema penelitian yang unik, lucu, dan menyegarkan.

Lewat Indonesia Fun Science Award, dua siswa SMAN 1 Klaten ini meneliti 'Antara Candu dan Rindu Aroma Kotoran pada Tepian Kuku Ibu Jari Kaki' berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

"85 persen itu pernah mencium, kita persentasennya terkadang, sering atau setiap memotong kuku. Jadi 15 persennya tidak pernah menciumi," kata Fauziah kepada detikHealth di Tangerang beberapa waktu lalu.



2. Alasan pria cium bau tangan usai garuk Mr P

Sains dapat membantu manusia melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda. Salah satunya adalah kebiasaan 'jorok' tapi manusiawi para pria: cium bau tangan usai garuk Mr P.

Dikutip dari MEL Magazine, Biopsikologis Nigel Barber yang ahli dalam perilaku seksual dan reproduktif menjelaskan ini dilakukan pria dikarenakan... 'untuk merasa hidup'.

"Saya ragu bahwa merasakan bau atau feromon kita sendiri berhubungan dengan kebersihan," kata Barber.

Nah kalau menurut kamu, mana yang lebih jorok: cium-cium kotoran di kuku jempol kaki atau cium-cium tangan usai garuk Mr P? Tulis alasannya di komentar.



(ask/up)
News Feed