Rabu, 13 Mar 2019 08:39 WIB

Kopi di Mobil Tumpah Melulu? Kreasi Siswa SMA di Jakbar Ini Boleh Dicoba

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kreasi Cecilia bakal mencegah kopi tumpah-tumpah (Foto: Widiya/detikHealth) Kreasi Cecilia bakal mencegah kopi tumpah-tumpah (Foto: Widiya/detikHealth)
Jakarta - Bagi orang dengan aktivitas pagi yang cukup tinggi, pasti tidak sempat menyeruput kopi di rumah dengan santai. Sebagai gantinya, kopi dibawa jalan atau diletakkan di mobil. Sayangnya beberapa mili kopi tumpah karena gerakkan yang tidak seimbang.

Berangkat dari hal itu, siswa SMA Narada Jakarta Barat membuat prototipe alat anti tumpah yang dinamakan Nesco (never spill your coffee) anymore.

"Jadi alat ini bisa dipakai kalau lagi jalan atau lagi di mobil biasanya, jadi kalau lagi minum nggak tumpah," kata Cecilia (16) saat ditemui detikHealth di Tangerang beberapa waktu lalu.



Cecilia dan kreasinya.Cecilia dan kreasinya. Foto: Widiya/detikHealth


Ada tiga prototipe yang dibuat, dan yang terakhir telah melalui perbaikan. Alat itu terdiri dari cup atau wadah kopi yang diikat dengan tali dan perekat, diikatkan pada penyangga yang bisa diatur ketinggiannya, kemudian tersedia pengunci untuk menghentikan ayunan wadah yang membuat isi di dalamnya tidak tumpah.

"Kita coba ke banyak murid dengan rentang waktu yang beda-beda, terus bentuk ininya beda-beda, jarak jauhnya juga beda-beda. Kebetulan kita baru coba untuk jalan saja," tambah Cecilia.

Cecilia mengatakan bahwa dengan alat nesco ini, air yang ada di dalam wadah tidak tumpah atau tumpah lebih sedikit dibandingkan tanpa menggunakan alat.

"Iya jadi ga tumpah gitu," tutupnya.

Dalam proses merancang inovasi ini, Cecilia banyak belajar tentang teori fisika. Ilmu yang ia pelajari tentang getaran dan ayunan, juga resonansi, diterapkannya bagi kenyamanan para penikmat kopi. Keren!

(wdw/up)