Rabu, 13 Mar 2019 14:10 WIB

Ronaldo Rambah Teknologi Kesehatan: Transplantasi Rambut hingga Sewa Rahim

Firdaus Anwar - detikHealth
Cristiano Ronaldo dikenal sebagai sosok yang mengikuti perkembangan teknologi. (Foto: Sergio Perez/Reuters) Cristiano Ronaldo dikenal sebagai sosok yang mengikuti perkembangan teknologi. (Foto: Sergio Perez/Reuters)
Jakarta - Bintang sepak bola Cristiano Ronaldo (34) diketahui memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi sains. Beberapa teknologi kesehatan bahkan ia manfaatkan sendiri.

Sebagai contoh yang paling terbaru Ronaldo disebut mengembangkan bisnisnya membuka klinik transplantasi rambut. Selain itu ada juga isu tentang bagaimana anak-anak Ronaldo dilahirkan ke dunia lewat ibu pengganti dengan menyewa rahim.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa teknologi kesehatan yang pernah dimanfaatkan Ronaldo:



1. Cyrotherapy

Cyrotherapy adalah prosedur yang sering disebut dapat mengurangi rasa nyeri pada otot setelah melakukan olahraga berat. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan alat khusus yang bisa menghasilkan suhu dingin hingga di bawah 100 derajat celcius pada seluruh tubuh selama beberapa menit.

Nah Ronaldo dikabarkan memiliki alat cyrotherapynya sendiri di rumah.

2. Transplantasi rambut

Ronaldo berencana menempatkan kekasihnya, Georgina Rodriguez, bekerja mengatur usaha klinik transplantasi rambut mereka di Madrid. Menurut Ronaldo dalam sebuah pernyataan dirinya memang punya minat untuk berinvestasi di bidang ilmu kesehatan.

"Saya ingin klinik pertama ekspansi internasional saya ada di Madrid, kota tempat saya tinggal bertahun-tahun," kata Ronaldo dikutip dari Daily Mail.

Transplantasi rambut sendiri adalah teknik bedah di mana dokter mengangkat folikel rambut dari satu tempat yang pertumbuhan rambutnya sehat ke tempat lain yang rambutnya mulai menipis. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengobati kebotakan dini.

3. Perangsang otot listrik

Dalam beberapa kesempatan Ronaldo difoto berolahraga sambil menggunakan alat electronic muscle stimulation (EMS). Pada dasarnya alat tersebut bisa ditempel di kulit dan akan menghantarkan listrik bertegangan rendah saat olahraga.

Stimulasi oleh alat EMS ini diklaim dapat membantu seseorang melatih ototnya lebih baik dibandingkan hanya olahraga biasa.

4. Sewa rahim

Cristiano Ronaldo diketahui memiliki empat orang anak, dua di antaranya disebut-sebut hasil dari teknologi ibu pengganti yang menyewakan rahimnya.

Pada dasarnya teknologi ini menempatkan embrio hasil pembuahan sperma dan sel telur pasangan ke rahim wanita lain. Secara biologis sang anak akan memiliki gen dari pasangan bukti hubungan orang tua-anak, namun ia dikandung dan dilahirkan oleh wanita lain.



Ronaldo Rambah Teknologi Kesehatan: Transplantasi Rambut hingga Sewa Rahim
(fds/up)
News Feed