Rabu, 13 Mar 2019 17:21 WIB

Lorenzo Patah Tulang Rusuk, Cedera yang Berpotensi Bahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Jorge Lorenzo dikabarkan patah tulang rusuk. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta - Pembalap MotoGP Jorge Lorenzo mengaku dirinya masih belum fit setelah tampil dalam balapan perdana di Qatar pada Minggu (10/3) lalu. Di akun Twitter pribadinya Lorenzo mengaku saat ini menghadapi masalah patah tulang rusuk.

"TAC selesai. Tulang rusuk pertama retak di sisi sebelah kanan, perlu waktu 3 minggu / 1 bulan untuk sembuh. Kami akan tetap berjuang di Argentina," tulis Lorenzo seperti dikutip pada Rabu (13/3/2019).



Tidak diketahui pasti apa penyebab patah tulang rusuk pembalap tim Repsol Honda tersebut. Satu yang pasti, kondisi ini diketahui bisa cukup berbahaya terutama bila sampai melibatkan organ penting lain.

Dikutip dari Mayo Clinic, ujung tajam tulang rusuk yang patah bisa saja melukai organ penting di sekitarnya.

Jika yang patah adalah tulang rusuk bagian atas, ada kemungkinan patahannya bisa menusuk pembuluh darah penting. Jika yang patah ada di bagian tengah, risiko terbesarnya adalah menusuk paru-paru. Organ lain seperti limpa, hati dan bahkan ginjal bisa tertusuk ketika yang patah adalah tulang rusuk terbawah.

Bila ada organ tertusuk patahan tulang rusuk maka fungsinya akan terganggu. Contoh paru-paru bisa bocor hingga akhirnya kolaps memicu kondisi yang disebut pneumothorax.

Duh cepat sembuh ya Lorenzo!

(fds/up)