Kamis, 14 Mar 2019 08:23 WIB

Terpopuler detikHealth

Si 'Superhuman' Cristiano Ronaldo, Jonan Dikabarkan Pecah Pembuluh Darah

Aisyah Kamaliah - detikHealth
ebiasaan sehat Cristiano Ronaldo hingga Menteri Jonan dikabarkan pecah pembuluh darah di mata. Foto: Tullio M. Puglia/Getty Images ebiasaan sehat Cristiano Ronaldo hingga Menteri Jonan dikabarkan pecah pembuluh darah di mata. Foto: Tullio M. Puglia/Getty Images
Jakarta - Euforia kemenangan Juventus hingga lolos perempatfinal Liga Champions sangat terasa kemarin. Keberhasilan gemilang ini didapatkan karena hattrick yang dilakukan oleh Cristiano Ronaldo 'The Rocket'.

Tak hanya itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dikabarkan mengalami pecah pembuluh darah di mata kanannya. Ia pun harus memperpanjang masa kunjungannya di Jepang.


1. Transformasi Cristiano Ronaldo

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo menyarangkan tiga gol ke gawang Atletico Madrid kemarin Selasa (13/3/2019). Gol tersebut pun mengantarkan Juventus lolos ke perempat final Liga Champions.

Ronaldo kerap disebut dengan julukan 'Superhuman' karena memiliki tubuh yang luar biasa fit. Di balik ini semua, ada usaha besar yang ia lakukan untuk bisa sesehat sekarang.


2. Menteri Jonan dikabarkan mengalami pecah pembuluh darah di mata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dikabarkan mengalami pecah pembuluh darah di mata kanannya. Kondisi tersebut mengharuskannya memperpanjang waktu di Jepang dan tak dapat hadir dalam acara penandatangan Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan 18 Pemerintah Kabupaten Kota.

"Beliau harus memperpanjang dinasnya di Jepang karena pembuluh mata sebelah kanannya pecah," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, seperti dikutip dari detikFinance, Rabu (13/3/2019).

Secara medis, ini disebut dengan subconjunctival hemorrhage, terjadi saat pembuluh darah kecil pecah tepat di bawah permukaan bening mata atau conjunctiva. Conjunctiva tak dapat menyerap darah secara cepat dan membuatnya terjebak di area tersebut.


Belakangan Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengklarifikasi kabar tersebut. Menurutnya, Menteri Jonan dalam kondisi sehat-sehat saja.

"Nggak ada persoalan dengan pembuluh darah," katanya.

(ask/up)
News Feed