Kamis, 14 Mar 2019 20:17 WIB

5 Cara Menyingkirkan Pikiran Negatif Sebelum Tidur

Ayunda Septiani - detikHealth
Nyenyakkan tidurmu malam ini. Foto: Thinkstock Nyenyakkan tidurmu malam ini. Foto: Thinkstock
Jakarta - Setelah menjalani aktivitas sehari penuh, waktu tidur benar-benar harus kamu manfaatkan dengan baik. Saat itulah baru bisa beristirahat. Namun apa jadinya, jika waktu istirahat menjadi terganggu akibat pikiran negatif yang menggelayuti pikiran sebelum tidur? Berpikir tentang hal-hal negatif dan stres sebelum tidur benar-benar membuat kamu terjaga di malam hari.

Banyak orang yang belum menemukan solusi untuk mengatasi hal ini. Selain stres dengan aktifitas hari ini, masih banyak pekerjaan esok hari yang harus kamu kerjakan. Tidur pun jadi tidak tenang. Jika hal ini terus terjadi, bukan tak mungkin kamu akan kehilangan jam istirahat. Kamu bisa saja menderita insomnia karena tak bisa tidur dengan pikiran yang tenang.

Dalam beberapa penelitian terbaru, terdapat cara mengatasi masalah ini, yaitu mengontrol dan mengarahkan pikiran negatif ke arah yang positif menjelang tidur. Dikutip dari Life Hack, berikut 5 cara untuk menghalau pikiran negatif sebelum tidur untuk mendapat kualitas tidur yang lebih baik.



1. Tidur lebih awal

Dalam suatu penelitian di Binghamton University, rata-rata para respondennya mengalami kecenderungan memiliki rasa khawatir dan stres akibat pikiran negatif pada kebiasaan tidur mereka. Mereka menemukan bahwa orang yang lebih suka tidur larut malam memiliki kadar pikiran negatif lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidur lebih awal. Hal yang sama terjadi pada seseorang yang tidur terbiasa tidur dengan waktu yang lebih pendek.

Mulailah untuk membangun kebiasaan baru untuk tidur lebih awal. Secara bertahap, majukan jam tidur menjadi 15 hingga 30 menit lebih awal sehingga kamu mendapat tidur yang cukup. Lakukan secara konsisten serta belajar beberapa tehnik relaksasi agar kamu dapat tidur lebih cepat.

Jangan begadang.Jangan begadang. Foto: admn


2. Selftalk tentang hal positif

Salah satu metode untuk melawan segala pikiran negatif adalah berlatih positif self-talk. Pada dasarnya, negatif selftalk biasanya terjadi karena menghadapi situasi yang tidak kondusif, sikap menyalahkan diri sendiri, mencemaskan masa depan serta hubungan dengan lingkungan sekitar.

Jadi, ketika kamu mulai memikirkan hal negatif sebelum tidur, segera alihkan dengan memikirkan hal yang positif sembari menggunakan kata-kata yang mengandung hal positif seperti berdoa, kata-kata motivasi yang dapat menyemangati dan sebagainya.

Meditasi bisa membantu.Meditasi bisa membantu. Foto: dok. Thinkstock


3. Relaksasi

Relaksasi dapat membantu membersihkan pikiran negatif dalam otak. Cobalah menonton video tentang panduan relaksasi yang dapat kamu akses di internet. Cara ini cukup simpel dan dapat kamu praktekkan langsung di rumah. Kamu juga dapat mengikuti program pelatihan meditasi atau yoga dengan dipandu oleh instruktur yang profesional sebagai terapi mengatasi permasalahan tidur kamu.


4. Latihan pernapasan

Teknik pernapasan adalah salah satu cara yang efektif untuk relaksasi serta mengurangi tingkat stres. Serupa dengan relaksasi yang dipandu oleh instruktur profesional, latihan pernafasan bermanfaat untuk menghalau segala pikiran negatif yang mengganggu kamu.

Pernafasan juga mempengaruhi denyut jantung, sehingga dengan latihan secara teratur akan membantu menjadi lebih tenang. Teknik ini dapat kamu gunakan untuk mengatasi susah tidur, namun juga dapat kamu lakukan kapan saja saat mengalami stres.

Asal jangan lupa lepas earphone atau headset sebelum tidur ya.Asal jangan lupa lepas earphone atau headset sebelum tidur ya. Foto: Thinkstock

5. Mendengar musik favorit

Mendengarkan musik yang disukai adalah cara lain untuk menghalau stres serta menghilangkan pikiran negatif. Terapi menggunakan musik dapat membantu menyembuhkan gangguan tidur jika dilakukan secara konsisten. Cobalah untuk mendengarkan beberapa jenis musik yang menenangkan, seperti instrumen, musik klasik atau suara alam.

Jenis musik tanpa lirik dapat membuat kamu terfokus mengikuti irama serta mengatur laju nafas. Selain itu, mendengarkan lagu dengan lirik yang positif juga dapat mengubah pola pikir kamu lho. Siapkan play list sebelum berangkat tidur.




(up/up)