Jumat, 15 Mar 2019 08:33 WIB

Pelaku Penusukan di Halte Transjakarta Dengar Bisikan, Ini Kemungkinannya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Insiden penusukan penumpang di Halte BKN terjadi karena bisikan (Foto: Pradita Utama) Insiden penusukan penumpang di Halte BKN terjadi karena 'bisikan' (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Aksi penumpang Transjakarta di Halte BKN, Cililitan, Jakarta Timur berinisial S (52) ini bikin geger. Ia menusuk penumpang lain, Eric Sandy (29) karena tidak terima dengan sikap duduknya.

Menurut pengakuan S ke polisi, ia terpengaruh bisikan roh 'kembarannya'. 'Kembaran'-nya memprovokasinya untuk menusuk korban.

"Iya menurut dia ada roh yang membisiki dia, 'yang dilakukan orang di samping mengangkat kaki itu adalah penghina terhadap diri kamu', itu yang memicu dia melakukan itu," tutur Kapolsek Kramat Jati Kompol Nurdin AR, dikutip dari detikNews.

Mendengar suara adalah halusinasi auditori yang mungkin atau tidak berasosiasi dengan masalah kesehatan mental. Ini adalah tipe halusinasi yang umum dengan orang masalah psikotis seperti skizofrenia, dikutip dari mentalhealth.org.uk.



Namun, gejala ini juga ada pada kondisi depresi manik dan psikosis. Pengalaman traumatik (misalnya pelecehan seksual, kehilangan orangtua, dan lainnya) dianggap sebagai salah satu pemicu yang paling signifikan, terutama pada anak-anak.

Sebuah studi mengungkap, 70 persen orang yang mendengarkan 'suara-suara' dimulai karena adanya kejadian traumatik atau emosional.

Apabila kamu sudah merasa mendengar suara-suara dan itu membuatmu merasa terganggu, jangan sungkan untuk mencari bantuan dari ahlinya.

(ask/up)
News Feed