Jumat, 15 Mar 2019 14:25 WIB

Hari Tidur Sedunia

6 Fakta Menarik tentang Tidur Siang

Ayunda Septiani - detikHealth
Tidur siang punya manfaat bagi kesehatan loh. Foto: Thinkstock Tidur siang punya manfaat bagi kesehatan loh. Foto: Thinkstock
Jakarta - Masih banyak yang menganggap jika tidur siang itu merupakan kegiatan yang sebenarnya tidak memiliki manfaat apa-apa, dan hanya cocok dilakukan oleh anak-anak atau orang yang malas bekerja.

Namun, sebaliknya tidur siang merupakan sebuah kegiatan yang sangat berguna dan memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh. Selain karena alasan malas, sebagian besar orang merasa tidak perlu melakukan tidur siang karena banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan.

Dikutip dari Tomorrow Sleep, ada 6 fakta menarik tentang tidur siang, apa saja?



1. Kurang tidur saat malam hari? Tidur siang

Terbangun saat malam hari adalah hal yang normal, karena tubuh kita akan terlelap 90 menit setelah tertidur. Jika kondisi ini membuat kamu menjadi kurang tidur, cobalah untuk tidur siang. Hal ini akan mengganti tidur kamu pada malam harinya. Dan akan membangkitkan semangat pada siang hari untuk semangat beraktivitas seharian.

2. Bantuan spesialis tidur

Jika kamu terus mengalami masalah atau merasa memiliki gangguan tidur, konsultasikan dengan dokter atau spesialis tidur. Obat tidur dapat membantu walaupun hanya dalam jangka pendek, sehingga tetap membutuhkan pantauan dari ahli medis.

3. Cara mudah mengatasi insomnia

Terapi untuk penderita insomnia ternyata cukup membantu mengatasi masalah tidur jangka panjang. Maka saat berkonsultasi, mintalah rujukan untuk bisa bertemu dengan psikolog khusus mengatasi tidur. Ini bisa dilakukan di rumah sakit atau di rumah sendiri, tergantung rekomendasi ahli medis.



4. Hati-hati alzheimer

Orang yang kurang tidur lebih mungkin terkena penyakit alzheimer. Hal ini dikarenakan jumlah protein yang tidak seimbang, sehingga membuat otak terbangun di malam hari. Menurut penelitian dari Washington University, setidaknya ada 10 penyakit kronis yang bisa diderita mereka yang kurang tidur. Jadi jangan sampai kamu kekurangan tidur ya.

5. Kopi apa tidur siang?

Kopi mungkin menjadi pilihan yang lebih mudah untuk mendapatkan dorongan di siang hari, tetapi itu tidak selalu yang terbaik. Setidaknya kamu paksakan untuk tidur 15-30 menit saja. Agar kamu bisa kembali maksimal untuk bekerja.

6. Seks membuat tertidur

Ini kemungkinan besar disebabkan oleh oksitosin, hormon yang dilepaskan oleh pria dan wanita saat berhubungan seks, membuatnya lebih mudah untuk rileks dan tertidur sesudahnya.

Ketika oksitosin, prolaktin, dan melatonin semuanya bergabung, kamu akan merasakan rileks.



(ask/ask)
News Feed