Sabtu, 16 Mar 2019 18:12 WIB

Netizen Sebut-sebut Etanol dalam Isu Pembiusan di Mal, Cairan Apakah Itu?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Disebut-sebut ada etanol dalam isu pembiusan. Memangnya etanol itu apa? (Foto: Screenshot video viral) Disebut-sebut ada etanol dalam isu pembiusan. Memangnya etanol itu apa? (Foto: Screenshot video viral)
Jakarta - Sebuah video viral di media sosial dikait-kaitkan dengan isu pembiusan dan pencurian organ tubuh. Polisi telah meluruskan isu yang beredar dan dipastikan tidak ada pembiusan.

Kapolsek Pademangan Kompol Julianthy seperti dikutip dari detiknews menjelaskan bahwa yang terjadi adalah cek-cok yang dilatarbelakangi cinta segitiga. Alat-alat yang ditemukan di tas salah seorang wanita disebut tidak terkait pembiusan.

"Banyak alat-alat suntik, ada pisau satulah. Dia memang jualan kosmetik, nggak buat membekap. Diketahui pelaku memang baru pulang jualan dan memang tak digunakan itu pisau dan alat-alat yang lain," jelasnya.

Namun netizen sepertinya susah sekali diyakinkan. Dalam berbagai komentar, banyak yang menyebut ada cairan etaol sebanyak 1,2 liter, yang oleh banyak orang dikait-kaitkan dengan pembiusan. Memangnya etanol itu apa sih?



Etanol, atau disebut juga etil alkohol, merupakan cairan yang sehari-hari ditemukan dalam minuman beralkohol. Strukturnya hanya sedikit berbeda dari metanol, atau metil alkohol, yang lebih toksik dibanding etanol.

Seperti jenis alkohol lainnya, etanol mudah terbakar. Dalam banyak keperluan sehari-hari, sering pula dipakai sebagai pelarut. Termasuk dalam obat dan kosmetika. Bisa juga dipakai untuk mensterilkan alat-alat medis, maupun sebagai hand sanitizer.

Apakah bisa dipakai untuk membius? Tidak ada referensi yang menyebut etanol maupun jenis alkohol lain sebagai obat bius. Dalam berbagai keperluan pembiusan di laboratorium, kloroform lebih lazim dipakai.

(frp/up)
News Feed