Minggu, 17 Mar 2019 17:41 WIB

Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno, Siapa yang Paling Kuasai Isu Kesehatan?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Siapa yang lebih menguasai isu kesehatan? Maruf Amin atau Sandiaga Uno? Foto: Edi Wahyono Siapa yang lebih menguasai isu kesehatan? Ma'ruf Amin atau Sandiaga Uno? Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Debat Pilpres 2019 putaran ketiga antara para calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma'ruf Amin dan dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno akan digelar malam ini, Minggu (17/3/2019).

Debat kali ini bertemakan 'Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, serta Sosial dan Kebudayaan'. Mengenai tema kali ini, dr Ardiansyah Bahar, Direktur Eksekutif LK2PK (Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan) mengatakan ada beberapa isu kesehatan yang harus dikuasai kedua cawapres.

Isu tersebut seputar kesehatan yang masih menjadi masalah di Indonesia, yaitu Stunting, Kesehatan Ibu Hamil, Imunisasi, Penyakit Tidak Menular, Gaya Hidup Sehat, dan Gangguan Mental.

"Berbagai masalah kesehatan tersebut tentu tidak mudah untuk ditangani karena merupakan permasalahan multi sektoral. Masalah tersebut juga tidak akan dapat ditangani dalam waktu singkat, sehingga membutuhkan strategi penanganan yang komprehensif dan jangka panjang," jelas dr Ardi melalui rilis yang diterima detikHealth.




"Strategi inilah yang perlu dipaparkan oleh para cawapres nantinya di saat debat untuk dapat meyakinkan masyarakat, khususnya komunitas kesehatan, bahwa paslon tersebut memang memahami permasalahan yang ada dan mampu menghadirkan solusi konkret terkait permasalahan tersebut," lanjutnya.

Selain itu, dr Ardi juga menyebut bahwa para cawapres harus dapat menghadirkan solusi terhadap permasalahan akses kesehatan di negara ini, baik terkait kurangnya fasilitas, maldistribusi tenaga, hingga masalah pembiayaan kesehatan. Isu defisit BPJS Kesehatan tentu menjadi hal wajib yang harus dihadirkan solusinya.

"Pada akhirnya, masyarakat akan menilai paslon mana yang peduli terhadap isu kesehatan dan mampu menghadirkan solusi konkret untuk berbagai permasalahan kesehatan yang ada. Tentunya ini merupakan isu sensitif yang akan sangat memengaruhi keberpihakan masyarakat terhadap paslon yang akan dipilih di bilik suara," tutupnya.



Nah, siapa menurutmu yang akan menguasai isu-isu kesehatan tersebut? Ma'ruf Amin atau Sandiaga? (wdw/up)
News Feed