Minggu, 17 Mar 2019 22:29 WIB

Pro-Kontra Sedekah Putih Sandiaga Uno Vs Pentingnya ASI

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sandiaga Uno menyinggung sedekah putih (Foto: Dok. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta - Dalam debat Calon Wakil Presiden, Sandiaga Uno menghadirkan program Sedekah Putih untuk mengatasi stunting. Putih mengindikasikan susu yang merupakan salah satu sumber protein terbaik.

"Sedekah Putih bersifat partisipatif dan kolaboratif dengan dunia usaha. Mereka bisa membantu kecukupan gizi tak hanya susu, tapi juga kacang hijau atau tablet penambah gizi," kata Sandi pada Minggu (17/3/2019).

Program ini mendapat sanggahan dari Calon Wakil Presiden lain Ma'ruf Amin. Menurutnya Sedekah Putih berisiko mengacaukan pengertian terkait pentingnya Air Susu Ibu (ASI).



Ma'ruf mengatakan, ASI adalah sumber nutrisi paling penting yang tidak bisa digantikan asupan lain. ASI harus diberikan minimal selama 6 bulan, atau berlanjut hingga 2 tahun.

"ASI wajib diberikan pada anak apalagi yang disebut kolostrum. ASI yang keluar pertama saat anak lahir sangat penting bagi pemenuhan gizi," kata Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, susu tidak cukup mengatasi stunting. Masalah tubuh pendek dan sangat pendek juga harus diiringi perilaku hidup sehat dan edukasi pra pernikahan. Edukasi memungkinkan calon ibu menyiapkan diri lebih baik.

(up/up)