Senin, 18 Mar 2019 12:55 WIB

Kantin Ini Beri Diskon Makanan Bagi Mahasiswa yang Rajin Olahraga

Firdaus Anwar - detikHealth
Semakin banyak penduduk dunia saat ini menghadapi masalah obesitas. (Foto ilustrasi: Getty Images) Semakin banyak penduduk dunia saat ini menghadapi masalah obesitas. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta - Dalam upaya mendorong kebiasaan hidup sehat kantin di Zhejiang Gongshang University, China, meluncurkan program baru di mana mahasiswa bisa mendapatkan diskon makanan tergantung dari aktivitas fisiknya. Hal ini bisa dilakukan berkat aplikasi khusus yang terpasang di smartphone para mahasiswa.

Dilaporkan oleh BBC, mahasiswa yang bisa berjalan 10 ribu langkah sehari akan mendapat diskon makanan 15 persen. Nah kalau bisa sampai 40 ribu langkah maka diskonnya bertambah sampai 45 persen untuk hari itu juga.

Untuk mengklaim diskon seorang mahasiswa hanya perlu menunjukkan rekaman aktivitas fisik yang ada di smartphone ke petugas kantin. Aplikasi akan menghitung aktivitas fisik apapun, menerjemahkannya jadi langkah kaki.



"Jadi ketika mereka main bola basket, smartphone akan merekam data dan menghitungnya sebagai langkah kaki," kata salah satu manajer kantin, Zhang Linqin.

Menurung Linqin ide program ini terinspirasi dari apa yang dilakukan mahasiswa saat musim libur. Menurutnya saat libur banyak mahasiswa yang 'terlena' mengonsumsi makanan enak sampai lupa dengan keseimbangan nutrisi.

China memang dilaporkan mengalami ancaman serius masalah obesitas dengan satu studi menyebut lebih dari seperempat anak China akan mengalami obesitas di tahun 2030.

(fds/up)