Selasa, 19 Mar 2019 07:08 WIB

5 Keluhan Miss V Setelah Waxing dan Cara Mencegahnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Setelah waxing rambut kemaluan, bisa saja muncul keluhan Miss V lho. Foto: Thinkstock Setelah waxing rambut kemaluan, bisa saja muncul keluhan Miss V lho. Foto: Thinkstock
Jakarta - Cara yang diyakini paling ampuh dan tahan lama agar bebas dari ketidaknyamanan rambut pubis atau rambut kemaluan adalah waxing. Perawatan waxing adalah salah satu inovasi penghilang rambut kemaluan menggunakan selembar kertas wax yang ditempel dan kemudian ditarik.

Biasanya, jika kita melakukan waxing, rambut tidak akan tumbuh selama dua hingga delapan minggu. Meskipun lebih tahan lama, ternyata waxing dapat menimbulkan keputihan dan efek-efek lain yang dapat membuat wanita tidak nyaman.

Dikutip dari Time Of India, berikut keluhan yang kerap muncul seusai waxing.



1. Peradangan dan iritasi

Area vagina dan sekitarnya adalah bagian tubuh yang memiliki kulit lebih sensitif. Maka dari itu, waxing yang dilakukan di bagian tubuh tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya peradangan dan iritasi, apalagi bila rambut kemaluan yang hendak dipangkas terlalu tebal. Keadaan ini menyebabkan kuman maupun bakteri berbahaya lebih mudah menginfeksi.

2. Jerawat

Setelah proses waxing selesai dilakukan, jerawat biasanya akan timbul di daerah sekitar vagina. Hal ini bisa terjadi karena rambut yang terangkat akan membuka jalan masuk bakteri ke dalam folikel.

3. Rambut tumbuh ke dalam

Meski dilakukan sedemikian rupa, waxing tidak sepenuhnya mampu mengangkat rambut yang ada di sekitar vagina. Hal ini justru dapat menyebabkan rambut patah di tengah, sehingga proses pertumbuhannya menjadi terganggu. Alhasil, bukannya tumbuh ke luar, rambut justru tumbuh ke bagian dalam kulit.

4. Nyeri atau memar

Waxing yang dilakukan secara lembut dan halus tetap dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau bahkan memar di sekitar vagina. Pada beberapa kasus, kulit vagina juga dapat mengalami perubahan warna menjadi kebiru-biruan atau kehitaman.

5. Terasa terbakar

Lilin yang digunakan pada proses waxing dapat menyebabkan kulit terasa sangat panas, dan timbul sensasi seperti terbakar, apalagi jika kamu tidak terbiasa melakukan metode ini. Bahkan, waxing juga diduga dapat menyebabkan kulit sekitar vagina melepuh.

Nah, itulah beberapa masalah yang mungkin terjadi setelah melakukan perawatan waxing. Agar tak mengalaminya, maka pastikan kamu sudah menjaga dan membersihkan bagian kewanitaan dengan benar.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Simak di tautan berikut:



(up/up)