Selasa, 19 Mar 2019 12:31 WIB

Penjelasan Ilmiah Kenapa Jasad Bisa Utuh Meski Bertahun-tahun Dikubur

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral jasad yang disebut milik Kiai Anwar Sudibyo masih utuh setelah 31 tahun dikubur. (Foto: Erliana Riady) Viral jasad yang disebut milik Kiai Anwar Sudibyo masih utuh setelah 31 tahun dikubur. (Foto: Erliana Riady)
Jakarta - Sosok kiai di Blitar viral di media sosial karena jasadnya ditemukan utuh meski sudah terkubur 31 tahun. Berdasarkan penelusuran detiknews sosok tersebut adalah Kiai Anwar Sudibyo pendiri pondok pesantren Tambakan di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Cerita penemuan jasad utuh yang sudah terkubur lama sebetulnya bukan hal sangat langka. Pada September 2018 lalu pernah ada kabar tiga jasad sekeluarga di Ciamis masih utuh meski sudah dikubur 5-35 tahun lalu dan di Jember Februari 2018 jasad seorang perempuan dikabarkan utuh meski sudah dikubur 10 tahun.


Meski fenomena seperti ini sering dikaitkan dengan hal spiritual, secara ilmiah ada beberapa hal yang bisa menjelaskannya.

Dikutip dari Live Science, faktor seperti adiposera bisa memegang peran penting dalam proses pengawetan jenazah dalam kubur. Adiposera sendiri adalah senyawa organik seperti lilin yang sifatnya secara alami memperlambat pembusukan jenazah.

Adiposera terbentuk ketika bakteri anaerob bereaksi terhadap jaringan lemak di dalam tubuh. Biasanya adiposera secara optimal terbentuk bila jenazah berada pada lingkungan dengan kelembaban yang tinggi dan minim oksigen.

(fds/up)