Selasa, 19 Mar 2019 15:20 WIB

Ronaldo Buka Klinik Transplantasi Rambut, Kenapa Pemain Bola Rentan Botak?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ronaldo baru saja membuka klinik transplantasi rambut. (Foto: Laurence Griffiths/Getty Images) Ronaldo baru saja membuka klinik transplantasi rambut. (Foto: Laurence Griffiths/Getty Images)
Jakarta - Pemain sepak bola Cristiano Ronaldo baru saja meresmikan klinik transplantasi rambutnya di Madrid, Spanyol. Dalam pidatonya Ronaldo mengaku ingin membantu mengatasi masalah kebotakan (alopecia) yang menurut ahli memang rentan terjadi pada pemain bola.

"Alopecia adalah masalah besar di Eropa dan di seluruh dunia dan kami ingin membantu orang-orang memperbaiki kepercayaan diri, jangan malu datang ke kami," ucap Ronaldo seperti dikutip dari detikSport, Selasa (19/3/2019).



Ahli bedah transplantasi rambut dr Edward Ball mengatakan pemain sepak bola rentan mengalami kebotakan karena sering menyundul. Menurutnya hal ini dapat menyebabkan trauma berulang pada kepala yang memicu peradangan kronis dan berujung kebotakan.

"Saat pemain menyundul bola, mereka biasanya melakukan ini tepat di antara dahi dan rambutnya. Saya menyangka trauma berulang pada area rambut, karena hampir setiap hari terbentur bola dari kecil, menyebabkan inflamasi kronis. Ujungnya tidak menutup kemungkinan menuju kebotakan," kata dr Edward seperti dikutip dari The Sun, Selasa (19/3/2019).

Pria yang menjabat sebagai direktur The Maitland Clinic ini namun menegaskan kalau teorinya belum dibuktikan dalam studi.

"Hubungan antara menyundul bola dan kebotakan belum pernah dibuktikan tapi ini bisa berdampak serius pada estetika dan psikologi para pemain profesional," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed