Rabu, 20 Mar 2019 04:56 WIB

7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh

Niken Widya Yunita - detikHealth
7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Tubuh/Foto: iStock
Jakarta - Jamur adalah makanan sehat yang kaya akan berbagai nutrisi. Sesuai United States Department of Agriculture (USDA), jamur adalah sumber mineral dan vitamin yang meliputi kalium, fosfor, magnesium, natrium, vitamin C, niasin, riboflavin, tiamin, folat, dan vitamin D.

Mari kita bahas secara rinci manfat jamur untuk kesehatan tubuh di bawah ini.

1. Kaya Selenium

Jamur menurut USDA adalah sumber selenium yang baik. Studi menunjukkan bahwa mineral selenium memiliki potensi antikanker, antioksidan, antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, penyakit tiroid, dan penurunan kognitif.

2. Turunkan Kolesterol

Jamur mengandung protein yang tinggi. Selain itu mengandung karbohidrat yang sangat rendah. Serat dan enzim tertentu di dalamnya juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, kandungan protein yang tinggi yang ditemukan di dalamnya membantu membakar kolesterol ketika dicerna. Menyeimbangkan kadar kolesterol antara kolesterol jahat dan kolesterol baik sangat penting dalam pencegahan berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. Cegah Diabetes

Jamur merupakan makanan yang ideal untuk yang mengalami diabetes. Karena jamur rendah energi. Jamur tidak memiliki lemak, tanpa kolesterol, kadar karbohidrat yang sangat rendah, kandungan protein tinggi, dan banyak vitamin, serta mineral.

Jamur juga mengandung banyak air dan serat. Selain itu, jamur mengandung insulin alami dan enzim yang membantu memecah gula atau pati dalam makanan.

Mereka juga diketahui mengandung senyawa tertentu yang membantu berfungsinya hati, pankreas, dan kelenjar endokrin lainnya, sehingga mendorong pembentukan insulin dan pengaturan yang tepat di seluruh tubuh.

Orang yang mengalami diabetes sering menderita infeksi, terutama pada anggota tubuh mereka, yang cenderung berlanjut untuk jangka waktu yang lama. Antibiotik alami di dalamnya dapat membantu melindungi orang yang mengalami diabetes.

4. Tingkatkan Kesehatan Tulang

Jamur merupakan sumber kalsium yang kaya nutrisi penting dalam pembentukan dan penguatan tulang. Pasokan kalsium yang stabil dalam makanan dapat mengurangi kemungkinan kamu mengalami kondisi seperti osteoporosis dan dapat mengurangi nyeri sendi.

5. Tingkatkan Penyerapan Zat Besi

Tembaga memiliki sejumlah efek menguntungkan bagi tubuh dan dapat ditemukan pada jamur. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan anemia dan neutropenia.

Tembaga mengatur dan merangsang penyerapan zat besi dari makanan. Jamur juga memiliki kadar zat besi yang tinggi. Sehingga tembaga dan jamur bekerja sama untuk tulang yang sehat dan mencegah anemia.



6. Kaya akan Selenium

Kandungan selenium dalam jamur adalah salah satu unsur paling menguntungkan yang sering diabaikan. Sumber utama selenium adalah protein hewani. Nah jamur adalah cara terbaik bagi vegetarian untuk mendapatkan jumlah selenium yang diperlukan.

Selenium ditemukan dalam jumlah besar dalam jamur. Ini bisa bermanfaat bagi kesehatan tulang dengan menambah kekuatan tulang dan meningkatkan daya tahan tulang.

Selenium juga memperkuat gigi, rambut, dan kuku. Lebih jauh lagi, nutrisi penting ini adalah antioksidan kuat, yang membuat tubuh radikal bebas dan umumnya memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Turunkan Berat Badan

Jamur merupakan salah satu makanan langka yang orang bisa makan sesering mungkin, tanpa efek samping. Satu studi mengganti daging merah dengan jamur kancing putih, sekitar satu cangkir per hari, dan menemukan bahwa orang yang makan jamur tidak hanya kehilangan berat badan, tetapi juga menurunkan ukuran pinggang dan lebih mampu mempertahankan berat baru mereka.

Jadi nggak ada alasan kamu untuk tidak makan jamur ya! (nwy/up)