Rabu, 20 Mar 2019 08:03 WIB

6 Cara Merawat Kuku Agar Tak Menguning

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi kuku kuning. Foto: Getty Images Ilustrasi kuku kuning. Foto: Getty Images
Jakarta - Memiliki kuku yang cantik dan sehat akan menunjang penampilan para perempuan dan menambah rasa percaya diri. Namun karena berbagai hal, terkadang kuku bisa berubah warna menjadi kuning dan terlihat tidak sehat.

Kuku bisa bisa berubah warna menjadi kuning karena banyak hal. Penyebab yang paling sering terjadi adalah seringnya menghapus cat kuku dengan aseton dan kerap gonta-ganti warna cat kuku.

Dikutip dari Cosmopolitan, terdapat beberapa cara merawat kuku sehingga tidak berwarna kuning. Cara-cara ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memiliki kuku-kuku cantik tanpa harus melakukan perawatan mahal di salon.


1. Rajin membersihkan kuku

Menjaga kebersihan kuku adalah salah satu cara menjaga penampilan wanita. Kuku kaki dan kuku tangan adalah bagian tubuh yang mudah terselip kotoran atau debu pada sela-selanya. Pastikan pada saat kamu mandi, mencuci kaki, dan mencuci tangan, dan tidak lupa untuk membersihkan sela-sela kuku. Kuku yang tidak secara teratur dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri, kuman, dan jamur yang dapat merusak keindahan kuku.

Memotong kuku secara rutin.Memotong kuku secara rutin. Foto: Getty Images

2. Rajin memotong kuku

Mungkin sebagian orang lebih menyukai kuku yang panjang, lentik. Tapi perlu kamu ketahui bahwa kuku yang panjang memerlukan perawatan yang lebih banyak lagi. Jika kamu bukanlah orang yang terampil merawat kuku atau punya waktu ke salon, lebih baik jagalah kuku agar tidak terlalu panjang dengan memotongnya.

Kuku yang terlalu panjang bisa membuat kulit tidak sengaja tergores. Selain itu, kuku kaki yang panjang lebih berisiko ketika kamu tersandung saat berjalan. Boleh saja memelihara kuku panjang, namun harus dibarengi juga dengan perawatan ekstra.

Pilih cat kuku yang baik.Pilih cat kuku yang baik. Foto: Thinkstock

3. Tidak memakai cat kuku sembarangan

Bahaya cat kuku memang telah banyak diulas di berbagai media. Cat kuku yang harganya murah dan dijual sembarangan mengandung bahan kosmetik yang berbahaya. Karena kandungan kimia di dalamnya, cat kuku yang tidak aman bahkan bisa membuat kamu terserang berbagai penyakit seperti kanker.

Lebih baik kamu tidak sembarangan dalam membeli cat kuku. Sebenarnya kamu tidak perlu mengecat kuku ketika kamu sudah memiliki kuku-kuku yang cantik. Keindahan alami kuku akan lebih menarik daripada cat kuku termahal sekalipun.


4. Gunakan bawang putih

Bawang putih memang tidak hanya dikenal sebagai umbi yang dapat melezatkan masakan. Manfaat bawang putih untuk kesehatan sangatlah beragam. Namun, bawang putih juga dapat melindungi kuku dari serangan kuman dan bakteri, karena sifat anti inflamasinya. Dengan menancapkan kuku-kuku pada satu siung bawang putih yang telah dikupas, kamu bisa terbebas dari peradangan atau infeksi pada kuku.

Bawang putih bisa membantu.Bawang putih bisa membantu. Foto: iStock

5. Minum air mineral

Banyak orang yang masih menyepelekan pemenuhan kebutuhan tubuh akan air mineral. Umumnya, manusia membutuhkan air sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Air mineral diperlukan oleh tubuh untuk mengikat racun dan mengeluarkannya sehingga kamu terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa penyakit memunculkan gejala yang dapat membuat kuku berubah menjadi kuning. Jika tubuh kekurangan air, kamu akan lebih berisiko menderita penyakit tersebut.

6. Olahraga teratur

Jangan pernah menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak sempat berolahraga. Olahraga akan membantu menjaga kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Selain itu terdapat juga manfaat olahraga untuk kecantikan termasuk bagian terkecil seperti kuku. Orang yang tidak pernah berolahraga akan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik sehingga kemungkinan untuk terserang penyakit lebih besar.

(up/up)