Rabu, 20 Mar 2019 08:48 WIB

Terpopuler detikHealth

Jasad Utuh Terkubur, Obat Aborsi Dijual Online, Waxing Miss V

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jasad utuh di Blitar. Foto: Erliana Riady Jasad utuh di Blitar. Foto: Erliana Riady
Jakarta - Warganet dihebohkan dengan sosok seorang kiai di Blitar yang jasadnya ditemukan utuh. Kiai yang bernama Kiai Anwar Sudibyo ini diketahui telah terkubur selama 31 tahun. Fenomena ini kerap dikaitkan dengan hal spiritual, namun secara ilmiah ada faktor seperti senyawa organik adiposera yang seperi lilin secara alami dapat memperlambat pembusukan jenazah.

Selengkapnya simak artikel berikut ini:


Cerita penemuan jasad utuh yang sudah terkubur lama sebetulnya bukan hal sangat langka. Pada September 2018 lalu pernah ada kabar tiga jasad sekeluarga di Ciamis masih utuh meski sudah dikubur 5-35 tahun lalu dan di Jember Februari 2018 jasad seorang perempuan dikabarkan utuh meski sudah dikubur 10 tahun.


Satu hal lagi yang menghebohkan warganet. Obat keras Gastrul dan Cytotec yang bertujuan untuk mengobati masalah tukak lambung tapi kerap dipromosikan sebagai pengugur kandungan kini banyak ditemukan dijual online.

Hal ini menjadi perhatian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dalam rilis resminya, BPOM menanggap akan memiliki cyber patrol guna pengawasan berkala terhadap obat yang dijual melalui market place atau e-commerce. Selain itu, BPOM sejak tahun 2011 telah rutin berpartisipasi dalam Operasi Pangea yang dikoordinasikan oleh ICPO INTERPOL sebagai salah satu upaya pemberantasan obat ilegal termasuk palsu yang diiklankan di media internet.

"Kepada masyarakat dihimbau untuk tidak membeli dan mengonsumsi obat yang dijual secara online karena masyarakat tidak memperoleh informasi secara lengkap dan tepat. Khusus untuk penggunaan obat keras, harus dilakukan di bawah pengawasan dokter yang dibuktikan adanya resep," imbau BPOM di akhir rilis.


Selain itu, waxing vagina atau miss V belakangan ini banyak diminati oleh banyak kaum wanita. Waxing bertujuan untuk mencabut seluruh rambut pubis atau rambut kemaluan, dan diklaim lebih rapi ketimbang mencukurnya.

Sayangnya setelah waxing kerap kali muncul keluhan. Ada yang mengalami gatal-gatal, bahkan ada yang keputihan. Oleh karena itu diperlukan perawatan usai waxing seperti mengoleskan aloe vera dan mengompresnya menggunakan es batu.



(frp/up)
News Feed