Rabu, 20 Mar 2019 10:46 WIB

Kenapa Penyandang Diabetes Cepat Merasa Lelah?

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sering kali orang yang menyandang diabetes cepat merasa lelah saat sedang beraktivitas. Padahal aktivitas yang dilakukan pun tak terlalu berat. Lalu, apa penyebabnya?

Menurut Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W, kelelahan yang dialami penyandang diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol. Alhasil, kadar glukosa dan insulin dalam tubuh penyandang diabetes pun tidak seimbang.

"Glukosa merupakan sumber energi utama yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas harian, sementara produksi insulin pada penderita diabetes sering kali tidak cukup sehingga glukosa tidak bisa dimaksimalkan oleh otot dan hanya menumpuk di darah. Hal ini membuat otot kekurangan energi sehingga tubuh pun kekurangan energi dan mudah lelah," ujar dr. Ervina kepada detikHealth, Rabu (20/3/2019).


Untuk membantu mengontrol kadar gula darah, dr. Ervina menyarankan untuk memulai pola hidup sehat dengan memperhatikan 3 J, yakni jenis, jumlah, dan jadwal makanan. Biasakan juga berolahraga secara rutin setiap hari.

"Untuk nutrisi diabetes pilihlah jenis karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah setelah makan. Selain itu, pilih yang tinggi serat sehingga menjaga kenyang lebih lama," kata dr. Ervina.


"Biasakan tubuh berolahraga setidaknya 30-45 menit setiap hari, istirahat yang cukup, dan monitoring kadar gula darah rutin. Jika kadar gula darah sudah tinggi, konsumsi obat teratur sesuai rekomendasi dokter," sambungnya.

Untuk membantu kadar gula darah tetap terkontrol, konsumsi nutrisi makanan pengganti seperti Diabetasol yang mengandung asupan nutrisi lengkap dan seimbang untuk para penyandang diabetes. Diabetasol juga mengandung Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. (mul/mpr)
News Feed