Rabu, 20 Mar 2019 15:57 WIB

Korek-korek Kuping Pakai Cotton Bud, Pria Ini Kejang Lalu Pingsan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang pria korek kuping dengan cotton bud alami infeksi yang membuatnya kejang lalu pingsan. Foto: thinkstock Seorang pria korek kuping dengan cotton bud alami infeksi yang membuatnya kejang lalu pingsan. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang pria Inggris berusia 31 tahun tak sengaja meninggalkan kapas dari cotton bud saat membersihka telinganya. Seketika pria yang tidak disebut namanya itu mengalami kejang dan pingsan.

Dikutip dari Metro, pria tersebut mengalami infeksi yang disebut necrotising otitis externa, yaitu infeksi yang menargetkan lapisan tengkorak. Dokter menemukan sepotong kapas bersarang di saluran telinga dekat dengan tengkoraknya yang kemudian mencapai selaput otak, itulah yang memicu kejang.

Dr Alexander Charlton dari University Hospital Coventry mengatakan bahwa penyakit itu mungkin terkait infeksi yang menyebabkan racun atau tekanan yang diberikan pada otaknya.



Pria itu pun menjalani CT scan dan harus menjalani operasi kecil untuk mengangkat kapas tersebut. Ia menghabiskan satu minggu di rumah sakit dan dua bulan mengonsumsi antibiotik. Saat ini kondisinya cukup baik dengan pendengaran yang berfungsi normal dan tidak ada masalah otak.

"Pada 10 minggu, pasien tetap sehat, tanpa defisit neurologis dan tidak ada gejala telinga residual, dan CT scan menunjukkan resolusi lengkap dari abses intrakranial," jelas dr Charlton.

Menurut NHS, cara terbaik untuk membersihkan telinga adalah dengan lilin dan meneteskan minyak zaitun atau minyak almond. NHS juga sangat tidak menyarankan membersihkan telinga dengan jari atau benda apapun seperti cotton bud karena dapat memicu infeksi.

(wdw/up)
News Feed