Rabu, 20 Mar 2019 17:08 WIB

Bikin Pria Keder, Metode KB Vasektomi Sering Dikira Mirip Kebiri

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salah satu metode kontrasepsi pada pria adalah vasektomi (Foto: Ari Saputra) Salah satu metode kontrasepsi pada pria adalah vasektomi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Selain kondom, metode kontrasepsi lain untuk pria adalah vasektomi. Vasektomi berbeda dengan kebiri yang membuang seluruh buah zakar pria.

"Vasektomi ini bukan kebiri ya. Anggapan vasektomi sama dengan kebiri inilah yang menyebabkan pria menjadi ragu. Padahal vasektomi tidak mempengaruhi seksualitas pria layaknya kebiri. Metode vasektomi biasanya dipilih pria yang keluarganya tidak lagi berencana punya anak," kata Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana (KB) Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Nerius Auparai, Rabu (20/3/2019).



Vasektomi dilakukan dengan mengikat dan memotong saluran sperma yang ada di kanan dan kiri organ kelamin pria. Dengan pemotongan ini, cairan yang keluar saat berhubungan badan tidak lagi mengandung sel sperma. Sel tersebut tidak bisa mencapai kantung benih dan akan mati sendiri setelah 100 hari tertahan.

Operasi vasektomi biasanya berlangsung 5-10 menit dengan masa penyembuhan 3-5 hari. Selama masa penyembuhan, pasangan suami istri sebaiknya menunda berhubungan badan. Senggama bisa dilakukan usai masa pemulihan dengan menggunakan kondom terlebih dulu. Setelah 3 bulan, pasangan suami istri bisa berhubungan badan seperti biasa. Hingga saat ini, tingkat keberhasilan vasektomi sebagai kontrasepsi mencapai 99 persen.

Kebiri biasa dilakukan dalam kontrasepsi untuk hewan. Metode kebiri jelas mengganggu kejantanan pria yang telah kehilangan buah kemaluannya. Kebiri tidak sama dengan vasektomi karena tidak menganggu kesehatan, produksi sperma, dan kejantanan pria.

(up/up)