Rabu, 20 Mar 2019 22:05 WIB

Nyamuk Mabuk karena Minum Darah Pecandu Alkohol, Mungkinkah?

Firdaus Anwar - detikHealth
Darah seorang pecandu alkohol tidak bikin nyamuk ikut mabuk (Foto: Istock) Darah seorang pecandu alkohol tidak bikin nyamuk ikut mabuk (Foto: Istock)
Jakarta - Pernahkah terlintas di pikiran kamu apa yang terjadi seandainya seekor nyamuk mengisap darah pemabuk? Seperti diketahui seseorang bisa mabuk ketika kandungan alkohol dalam darahnya mencapai tingkat tertentu.

Menjawab pertanyaan iseng ini, Kurator Erica McAlister dari Natural History Museum menyebut kemungkinan nyamuk tidak akan ikut mabuk saat menghisap darah. Alasannya karena toleransi serangga terhadap alkohol lebih tinggi daripada manusia.



Banyak serangga dewasa termasuk nyamuk memiliki kantung khusus tempat cairan disimpan dan dicerna oleh enzim sebelum diserap tubuh. Oleh karena itu efek buruk alkohol bisa jadi dinetralisir ketika nyamuk menghisap darah.

Selain itu menurut ahli serangga Tanya Dapkey dari University of Pennsylvania kandungan alkohol dalam darah manusia juga dosisnya terlalu rendah untuk memiliki dampak nyata.

"Saya pikir jawabannya tidak (mabuk -red), karena tingkat alkohol dalam darah yang dikonsumsi nyamuk akan terlalu rendah," kata Tanya seperti dikutip dari BBC, Rabu (20/3/2019).

Bila memang ada skenario entah bagaimana serangga bisa mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar, menurut Erica sebetulnya bisa saja mereka mabuk.

"Saya tidak tahu pada nyamuk, tapi kita pernah melihatnya pada lalat buah. Mereka bisa mabuk meski memiliki toleransi alkohol tinggi," kata Erica.

"Dalam dosis kecil lalat-lalat akan menjadi hiperaktif dan tidak rewel memilih pasangan. Tapi ketika diberi alkohol dosis besar mereka akan pingsan," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya