Kamis, 21 Mar 2019 16:05 WIB

Cerita Dokter RI yang Kerja di AS, Benarkah Gaji di Sana Besar Banget?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Berapa gaji dokter Amerika Serikat per tahunnya? Foto: iStock Berapa gaji dokter Amerika Serikat per tahunnya? Foto: iStock
Jakarta - Membayangkan gaji dokter kayaknya langsung terbayang dengan digit yang besar. Apalagi kalau gaji dokter di negara semaju Amerika Serikat ya. Benar enggak sih sebesar itu? Data dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di tahun-tahun sebelumnya menyebutkan meski bukan negara dengan bayaran terbaik di dunia, dokter di Amerika Serikat terbilang digaji dengan sangat baik.

Berapa sih tepatnya? detikHealth menanyakannya langsung kepada dr Medha Satyarengga, MD, salah satu dokter asal Indonesia yang memulai pendidikan spesialis penyakit dalam pada tahun 2014 di New York City, di Mount Sinai St. Luke's and Mount Sinai West Hospitals.

"Dokter spesialis yang sedang sekolah, atau yang biasa disebut dengan residen, dianggap sebagai pegawai rumah sakit sehingga kami mendapat gaji dan tidak perlu membayar uang sekolah sama sekali. Selama menjadi residen, rentang gajinya antara $52.000 hingga $70.000 per tahun, tergantung kota dan tingkatan residensi," jawab dr Medha.

Alamak! Kalau dikonversi ke rupiah jumlahnya memang sangat besar sih, yakni sekitar kurang lebih Rp 734 juta - Rp 988 juta. Namun perlu diingat bahwa biaya hidup di Amerika jauh lebih mahal sehingga gaji yang diterima cukup untuk hidup sehari-hari.

"Kalau sudah lulus dan bekerja, rentang gajinya antara $150.000 (sekitar Rp 2,1 miliar) hingga $500.000 (kira-kira Rp 7 miliar) per tahun, tergantung kota dan jenis spesialisasinya," tuturnya.


Sebelumnya, dikutip dari detikNews, Ketum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr Daeng M Faqih menyebut masih banyak dokter di Indonesia yang gajinya di bawah Rp 3 juta perbulan. Menurutnya, mayoritas dokter umum berpraktik pada golongan III dengan masa kerja di bawah 5-10 tahun.

Sementara itu Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebut profesi dokter umumnya sejahtera karena punya keahlian dan bisa praktik di 3 tempat. Ia mencontohkan dokter-dokter yang tergabung dalam program Nusantara Sehat, gajinya sudah Rp 11 juta.

"Wah banyak kolega saya yang gajinya gede, kalau lihat dari pajaknya, gede-gede," kata Menkes Nila.

(ask/up)