Kamis, 21 Mar 2019 18:07 WIB

Dear Ahmad Dhani, Hindari Dulu Makanan Ini Biar Asam Urat Tak Kambuh Lagi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ahmad Dhani terpincang-pincang karena asam urat (Foto: Deni Prastyo Utomo) Ahmad Dhani terpincang-pincang karena asam urat (Foto: Deni Prastyo Utomo)
Jakarta - Asam urat Ahmad Dhani kambuh. Pada Kamis (21/3/2019), Dhani hadir di persidangan dengan terpincang-pincang. Suami Mulan Jameela itu mengaku tengah mengalami asam urat.

"Lagi kambuh mas asam uratnya. Sudah dilakukan check up di Rutan Medaeng, kadarnya tinggi," ujar Dhani, seperti dikutip detikNews.

Penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan. Sendi pun dibuat sakit karenanya. Ini terjadi bila kamu memiliki terlalu banyak asam urat dalam darah yang kemudian membentuk kristal di salah satu sendi.



Dikutip Healthy Living, makanan dengan kadar purin tinggi masuk dalam daftar yang harus dihindari sebab bisa memicu serangan asam urat.

Makanan purin tinggi bisa memicu serangan asam urat, tapi itu bukan penyebabnya," kata Theodore Fields, MD, direktur dari Rheumatology Faculty Practice Plan di the Hospital for Special Surgery. Makanan yang tinggi purin salah satunya adalah jeroan.

Kalau ikan? Ikan yang berlemak seperti ikan teri, ikan haring, dan ikan kembung, serta makanan laut juga mengandung kadar purin yang tinggi karena itu kalau bisa dibatasi dulu. Sayuran juga ada yang memiliki purin tinggi termasuk kacang polong, jamur, bayam, asparagus, dan kembang kol.

Selain itu hindari juga minuman bersoda. Hanya dengan konsumsi 12 ons minuman bersoda telah terbukti meningkatkan asam urat pada pria dan wanita menurut Dr Fields.



Waduh pasti enggak nyaman banget ya. Semoa lekas sembuh ya, Mas Dhani! (ask/up)