Jumat, 22 Mar 2019 08:14 WIB

Banyak Minum Vs Kebelet Pipis, Harus Bagaimana?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi menahan pipis. Foto: thinkstock Ilustrasi menahan pipis. Foto: thinkstock
Jakarta - Informasi keuntungan banyak minum sebetulnya tidak sulit diketahui masyarakat umum. Namun kesadaran untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari nyatanya masih minim. Salah satu sebabnya adalah malas buang air kecil usai banyak minum.

"Biasanya kalau banyak minum air putih nanti beser. Nah ini yang bikin males. Akhirnya kesadaran kita untuk minum air putih demi mencukupi kebutuhan cairan setiap hari masih sangat minim," kata Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Diana Sunardi.


Diana merujuk pada riset yang pernah dilakukan Hardinsyah, dkk terkat rendahnya kesadaran cukup minum setiap hari. Studi dilakukan The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) pada 604 remaja dari 6 kota di seluruh Indonesia. Riset menunjukkan 49,5 persen remaja mengalami kurang air tubuh. Beberapa hal yang menyebabkan kurangnya hidrasi adalah, masih banyaknya jajanan yang belum sehat dan minimnya ketersediaan toilet bersih di sekolah.

Minum cukup air putih setiap hari adalah salah satu usaha menjaga kesehatan tubuh. Kecukupan air putih membantu tubuh menghadapi risiko gagal ginjal, kencing batu, dan infeksi saluran kemih. Cukup air juga membantu kerja otak selalu fokus setiap hari.

Minum air putih sebaiknya dilakukan tiap 1 jam tanpa menunggu haus terlebih dulu. Kebiasaan cukup minum bisa dimulai saat bangun tidur sebelum memulai aktvitas setiap hari. Diana juga mengingatkan untuk tidak nahan pipis saat tubuh memberi sinyal tersebut usai minum air putih.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed