Jumat, 22 Mar 2019 16:55 WIB

Sering Gunakan Earphone? Jangan Asal, Ada Aturan Pakainya Lho

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ada aturan pakai earphone agar tidak merusak kesehatan telinga. Foto: iStock Ada aturan pakai earphone agar tidak merusak kesehatan telinga. Foto: iStock
Jakarta - Earphone atau headset nyaris tak mungkin dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat pengguna gadget. Tidak jarang alat yang kerap disebut pelantang suara ini nempel di kedua telinga tanpa absen.

Terkait kebiasaan ini, Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (PP Perhati-KL) Indonesia dr Soekirman Soekin Sp THT-KL (K) menyarankan sesekali melepas alat tersebut. Selain itu, volume suara saat mendengarkan dengan earphone atau headset sebaiknya tidak terlalu besar.

"Ada aturan pakainya yang kita sebut 60-60, yaitu mendengarkan dengan volume maksimal 60 persen selama 60 menit. Setelah 1 jam sebaiknya alat dilepas dulu untuk memberi waktu istirahat bagi telinga," kata dr Soekirman pada peringatan Hari Pendengaran Sedunia Tahun 2019 pada Jumat (22/3/2019).



Menurut dr Soekirman, telinga sama seperti organ lain yang bisa merasa lelah saat digunakan. dr Soekirman menyarankan memberi waktu istirahat telinga selama 10-15 menit setelah penggunaan selama 1 jam. Saran lain adalah tidak lupa melepas earphone atau headset sebelum tidur untuk menjaga kesehatan telinga.

Penggunaan tanpa jeda berisiko menurunkan kemampuan pendengaran dengan perlahan. Penurunan sedikit demi sedikit ini kadang tidak disadari sehingga masih tetap menggunakan earphone atau headset. Waktu jeda bisa mencegah penurunan kemampuan dengar terjadi pada usia yang lebih muda, bukan lagi lanjut usia.

(wdw/wdw)
News Feed