Sabtu, 23 Mar 2019 17:15 WIB

Butet Kartaredjasa Kena Serangan Jantung, Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Butet Kartaredjasa dikabarkan ambruk di tengah pementasan karena serangan jantung. (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pemain teater Butet Kartaredjasa ambruk di tengah pementasan 'Kanjeng Sepuh'. Menurut pengakuan sang penulis pementasan, Agus Noor, Butet mengalami serangan jantung mendadak.

"Butet, saat ini sedang di rawat di RS. Meski ia sebenarnya ia ingin tetap main siang ini dan nanti malam. Doakan yang terbaik buat kesehatannya," sebut Agus seperti dikutip dari detikHOT pada Sabtu (23/3/2019).

Sebenernya hal apa saja sih yang bisa menyebabkan serangan jantung? Dikutip detikHealth beberapa faktor berikut bisa jadi pemicunya:

1. Penyakit jantung bawaan

Pada beberapa orang dengan penyakit jantung bawaan (PJB) akan lebih rentan mengalami serangan jantung. Ini karena beberapa kondisi PJB dapat membuat jantung mengalami kelainan struktur yang memengaruhi kemampuannya memompa darah.

Serangan jantung terjadi saat darah tidak bisa mengalir ke jantung.

2. Rokok

Spesialis bedah thorax kardiovaskuler dr Maizul Anwar, SpBTKV(K), pernah menyebut kalau kebiasaan merokok dapat menyebabkan aterosklerosis, yaitu penyempitan dan penebalan pembuluh arteri karena penumpukan plak.

Ketika arteri tersumbat total oleh plak atau bekuan darah maka serangan jantung akan terjadi.

3. Kolesterol

Berbicara serangan jantung satu faktor yang mungkin paling dikenal luas adalah kolesterol tinggi. Sama seperti penjelasan sebelumnya, kolesterol yang tidak terkontrol juga bisa berperan dalam penumpukan plak mempersempit pembuluh darah.

4. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk salah satu faktor pemicu serangan jantung. American Heart Association menyebut ini terjadi karena tekanan darah tinggi dapat membebani kerja jantung dan pembuluh darah.

Dalam jangka panjang tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah mengalami kerusakan yang pada akhirnya semakin membuat plak mudah terbentuk.

5. Diabetes

Diabetes atau gula darah tinggi juga bisa memicu serangan jantung lewat cara yang hampir sama seperti hipertensi. Pembuluh darah pada penyandang diabetes jangka panjang dapat mengalami kerusakan yang akan membuat plak mudah terbentuk. (fds/ask)