Minggu, 24 Mar 2019 10:53 WIB

Kondisi-kondisi yang Bikin Diinfus Seperti Dialami Ahmad Dhani di Penjara

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Al menuturkan Ahmad Dhani harus diinfus karena kondisinya drop. Foto: Deny Prastyo Utomo Al menuturkan Ahmad Dhani harus diinfus karena kondisinya 'drop'. Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta - Putra sulung Ahmad Dhani, Al Ghazali, mengabarkan sang ayah tengah sakit dan sempat diinfus di Rutan Medaeng. Masih belum diketahui apa penyebab jelasnya, akan tetapi Al menyebut Dhani bukan drop akibat diabetes.

"Masih diinfus terus. Bukan diabetes. Mungkin badan lagi drop capek juga," sebut Al saat ditemui detikcom, Minggu (24/3/2019).

Infus atau bahasa ilmiahnya intravenous fluid regulation merupakan sebuah prosedur memasukkan cairan melalui intravena atau pembuluh darah. Cairan yang berada di kantong infus akan tersambung melalui selang tipis yang disisipkan ke pembuluh darah, umumnya di punggung tangan.

Biasanya prosedur ini menjadi salah satu cara terbaik bagi tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Misalnya masalah pencernaan yang bisa mencegah tubuh untuk menyerapnya secara benar, atau mual kronis yang menyulitkan seseorang untuk menelan beberapa makanan.


Tak sembarangan orang bisa menerima prosedur ini. Dikutip dari Health Line, ada beberapa kondisi lainnya yang mengharuskan seseorang menerima pasokan cairan dari infus, antara lain:

1. Akibat dehidrasi, misalnya disebabkan oleh penyakit atau aktivitas yang berlebihan. Menggunakan prosedur infus akan membantu seseorang terhidrasi ulang lebih cepat.

2. Saat seseorang terkena infeksi, biasanya cairan infus akan berisi obat antibiotik sebagai tindakan penanganan.

3. Pengidap kanker yang akan melakukan kemoterapi. Umumnya obat kemoterapi dimasukkan lewat pembuluh darah.

4. Beberapa penyakit yang memerlukan penanganan obat tertentu seperti penyakit-penyakit kronis atau anemia.

Cairan infus bisa beragam isinya, seperti air dengan elektrolit, gula, atau obat-obatan yang ditambahkan sesuai yang dibutuhkan pasien. Kadar dan jumlahnya juga disesuaikan dengan kondisi medis, ukuran tubuh dan usia.

Sejak Januari lalu, Ahmad Dhani masuk bui akibat ujaran kebencian yang ia lontarkan di media sosial. Ia kerap dikabarkan ngedrop atau pun sakit, beberapa hari lalu Dhani sendiri menyebut asam uratnya kambuh hingga jalannya terpincang-pincang.

(frp/ask)
News Feed