Senin, 25 Mar 2019 07:00 WIB

Identik dengan 'Stroke Telinga', Ini yang Terjadi Saat Tuli Mendadak

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tuli mendadak bisa menjadi salah satu pemicu stroke telinga. (Foto: iStock) Tuli mendadak bisa menjadi salah satu pemicu stroke telinga. (Foto: iStock)
Jakarta - Stroke ternyata tidak hanya terjadi pada peredaran darah menuju otak. Kondisi serupa bisa terjadi di telinga. Meski tak terkait dengan gangguan peredaran darah, serangannya yang tiba-tiba tak ubahnya seperti stroke.

"Kita mengenal penyakit tuli mendadak yang identik dengan stroke telinga. Meski hanya 1 persen, kondisi ini merupakan salah satu yang menyebabkan hilangny fungsi pendengaran," kata Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher (PP Perhati-KL) Indonesia dr Soekirman Soekin, Sp.THT-KL (K).



Tuli mendadak ditandai dengan sensasi tertutup di salah satu telinga dan hilang keseimbangan. Sensasi berlanjut dengan fungsi pendengaran pada salah satu telinga yang hilang seketika. Sayangnya menurut dr Soekirman hingga kini belum diketahui penyebab pasti tuli mendadak.

Pasien yang mengalami tuli mendadak biasanya akan dibawa ke unit penanganan darurat di rumah sakit. Menurut dr Soekirman, pasien selanjutnya akan menjalani pemeriksaan terkait kondisi sebelum hilangnya pendengaran. Penanganan untuk mengembalikan fungsi pendengaran akan disesuaikan dengan hasil diagnosa. Hasil penanganan tidak bisa ditentukan karena bergantung kondisi dan penyebab hilangnya pendengaran.

Secara umum kondisi tuli mendadak bisa dicegah, misal tidak terlalu sering menggunakan earphone dan headset dengan volume maksimal. Hal ini untuk menjaga fungsi dan kesehatan seluruh organ dalam telinga. Selain itu, daerah sekitar telinga dijaga jangan sampai terbentur atau terkena pukulan, yang berisiko mencederai bagian telinga. Pencegahan lain adalah dengan selalu menerapkan pola hidup sehat.





Tonton juga video Manfaat Terapi Kejut Listrik bagi Penderita Stroke:

[Gambas:Video 20detik]


Identik dengan 'Stroke Telinga', Ini yang Terjadi Saat Tuli Mendadak
(Rosmha Widiyani/up)
News Feed