Senin, 25 Mar 2019 08:31 WIB

5 Minuman yang Buruk untuk Kesehatanmu Jika Dikonsumsi Berlebihan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minuman manis bisa memiliki terlalu banyak gula yang menyebabkan lonjakan gula darah. (Foto: Istock) Minuman manis bisa memiliki terlalu banyak gula yang menyebabkan lonjakan gula darah. (Foto: Istock)
Jakarta - Air adalah minuman nomor satu untuk memuaskan dahaga. Tetapi, kadang kita juga pengin minum minuman yang manis dan berasa seperti jus, kopi, es teh manis, bahkan soda. Masalahnya, pilihan minuman itu bisa sangat tinggi kalori dan gula yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Memang, minuman ini tidak akan berpengaruh terlalu buruk jika hanya dikonsumsi sesekali. Tetapi kita biasanya lebih cenderung memilih minuman manis daripada air putih jika berada di restoran atau tempat makan.

Dikutip detikHealth dari berbagai sumber, berikut minuman yang buruk untuk kesehatanmu jika dikonsumsi secara berlebihan.



1. Kopi yang terlalu manis

Frappuchino, macchiato, atau moccachino, minuman berbahan dasar kopi ini sangat penuh dengan kandungan gula. Satu porsinya bisa mengandung hampir 1.000 kalori. Jadi, kalau kamu salah satu orang yang hampir tiap hari menenggak kopi, ada baiknya untuk mengurangi bahan tambahan seperti sirup manis, whipped cream, serutan coklat atau topping karamel.

2. Es teh manis

Teh memang tidak diragukan lagi untuk menjadi pilihan minuman yang baik. Kandungan antioksidan dalam teh bisa menjadi penghalang penyakit. Tetapi tidak dengan es teh manis. Segelas es teh manis bisa memiliki kandungan gula sampai 30 gram yang setara dengan dua porsi makanan penutup. Teh tanpa gula tentu menjadi pilihan yang baik. Usahakan selalu memesan teh tanpa gula ketika sedang makan di restoran.



3. Minuman olahraga

Kalau kamu bukan atlet atau orang yang tiap hari bergelut dengan olahraga intensitas tinggi, kamu tidak memerlukan minuman pengganti elektrolit untuk tetap bersemangat. Sebab, minuman ini sebenarnya dibuat khusus untuk para atlet agar mereka tetap mendapatkan energi dan terhidrasi dengan tepat. Minuman ini juga tetap memiliki kalori yang tinggi.

4. Lemonade

Beberapa orang memilih lemonade daripada soda karena dianggap lebih sehat. Tetapi, kandungan lemonade juga terlalu banyak gula ketimbang lemonnya. Belum lagi fruktosa dan pewarna buatan. Jika ingin meminum lemonade, lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah jadi kamu bisa mengukur kadar gulanya sendiri.

5. Smoothies

Meski smoothies memiliki kanduungan buah, tetapi minuman ini juga mengandung bahan lain yang menurunkan kadar nutrisinya. Buah memang menyehatkan, tetapi buah yang ditambah dengan kalori dan gula dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Lebih disarankan untuk mengonsumsi buah utuh. Kalau lagi 'ngidam' pun, kamu bisa membuat sendiri di rumah agar bisa mengontrol bahan-bahannya.

(kna/wdw)
News Feed