Senin, 25 Mar 2019 12:21 WIB

Jari Tasya Kamila Bengkak karena Cincin Nikah, Begini Cara Melepasnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ketika Tasya Kamila harus terpaksa potong cincin tunangan dan pernikahan. Foto: dok. Instagram Stories Tasya Kamila Ketika Tasya Kamila harus terpaksa potong cincin tunangan dan pernikahan. Foto: dok. Instagram Stories Tasya Kamila
Jakarta - Tasya Kamila sudah hamil besar. Seiring dengan perutnya yang membuncit, jarinya pun ikut membengkak. Dari Instagram Stories Tasya, Minggu (24/3/2019) Randi Bachtiar terlihat berusaha untuk mengeluarkan cincin dari jari manis tangan kanan Tasya. Randi, berusaha mengeluarkan cincin tersebut dengan benang, namun gagal.

"Allahuakbar, sakit nggak yang?" tanya Randi.

"Oh my God sakit juga lumayan. Aku bisa tahan kok tapi. Kamu sudah benar belum sih melakukannya?" jawab Tasya.


Dilansir American Society for Surgery of the Hand, cincin yang macet bisa merupakan hasil dari penggunaan cincin yang terlalu kecil. Ini juga dapat disebabkan oleh radang sendi, yang dapat terjadi karena tubuh berubah selama bertahun-tahun. Ini dapat menyebabkan persendian dan atau jaringan membengkak.

ASSH pun merekomendasikan beberapa langkah untuk mengeluarkan cincin:

- Gunakan pelumas apa pun seperti sabun atau minyak.
- Angkat tangan selama 5-10 menit dengan es di sekitar cincin dan jari.
- Gunakan benang gigi atau benang untuk menekan jari yang bengkak dengan cara;

Selipkan benang dari bawah cincin yang tersangkut di jari. Lilitkan ujung benang pada jari namun jangan terlalu kencang. Lilitkan keluar sampai pada ujung jari. Kemudian, tarik benang di sisi lainnya memutari jari menuju luar. Tarik perlahan.

Jika semua cara gagal, potong cincin dengan pemotong cincin yang ditemukan di toko perhiasan, pemadam kebakaran dan ruang gawat darurat.

(ask/up)
News Feed