Senin, 25 Mar 2019 14:17 WIB

Ayah Jessica Iskandar Disebut Kena Batu Ginjal, Apa Faktor Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Batu ginjal bisa terbentuk dengan berbagai macam ukuran. (Foto: Ilustrasi/thinkstock) Batu ginjal bisa terbentuk dengan berbagai macam ukuran. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Jessica Iskandar yang akrab dipanggil Jedar beberapa hari lalu di Instagram menyebut kalau ayahnya dirawat di rumah sakit karena batu ginjal. Operasi sudah dilakukan namun dokter belum bisa menyelesaikan masalah.

"Sudah 12 hari di rawat, sekarang masuk ICU. Temen-temen bantuin doa ya dan semoga ada jalan terbaik untuk papa," tulis Jedar seperti dikutip pada Senin (25/3/2019).

Batu ginjal sendiri adalah kristal pengendapan dari urine yang bisa terbentuk di ginjal dan saluran kencing. Meskipun batu ginjal biasanya tidak sampai mengancam jiwa, namun bisa menimbulkan nyeri hebat jika diabaikan.

Beberapa faktor berikut bisa membuat seseorang rentan terkena batu ginjal:



1. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih dapat membuat tubuh terkena dehidrasi. Cairan tubuh akan berkurang namun produksi urine tetap terjadi. Akibatnya, urine menjadi lebih kental dan lebih mudah mengendap.


Endapan tersebut lama-lama akan mengeras, dan akhirnya menjadi batu ginjal.

2. Infeksi

Infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan batu ginjal, terutama pada wanita. Ketika infeksi, bakteri yang di dalam saluran kemih maupun ginjal membuat proses penyerapan kalsium atau asam urat terganggu.

Akibatnya, sisa-sisa kalsium dan asam urat yang tidak terserap akan mengendap dan menumpuk. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, endapan ini akan berubah menjadi batu ginjal.

3. Banyak minum kopi dan teh

Kopi memiliki zat oksalat yang bila dikonsumsi terlalu banyak dapat terpisah dari urine bergabung dengan kalsium untuk membentuk batu ginjal kalsium oksalat.

Biasanya, ginjal dapat menghilangkan oksalat dari darah dan mengeluarkan dari tubuh melalui urine. Tapi bagi orang yang rentan atau sudah memiliki bakat batu ginjal sebaiknya memang harus mengurangi konsumsi kopi dan teh.

4. Konsumsi tinggi garam

Di hampir setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari pasti ada garam sebagai penyedap rasa. Asupan garam yang tinggi bisa memicu batu ginjal karena meningkatkan jumlah kalsium dalam urine di saluran pembuangan manusia.

Sebaiknya batasi konsumsi garam maksimal 2,3 gram setiap harinya agar terhindar dari penyakit batu ginjal. Tapi bagi yang pernah mengalami batu ginjal sebelumnya batasi hingga 1,5 gram saja.

5. Sering tahan pipis

Terlalu sering menahan pipis jternyata juga bisa menyebabkan batu ginjal. Ketika menahan pipis, urin yang seharusnya dikeluarkan akan menumpuk di kantung kemih.

Urin yang menumpuk akan membuat bakteri rentan berkembang biak, yang akhirnya menyebabkan infeksi. Infeksi inilah yang akhirnya membuat kerja ginjal terganggu dan akhirnya terbentuklah batu.



Saksikan juga video 'Ayah Jessica Iskandar Sakit Batu Ginjal':

[Gambas:Video 20detik]


Ayah Jessica Iskandar Disebut Kena Batu Ginjal, Apa Faktor Penyebabnya?



(fds/up)
News Feed