Senin, 25 Mar 2019 15:11 WIB

Biaya Pasang Ring Jantung Puluhan Juta, Ditanggung BPJS Tidak Ya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Biaya pemasangan ring jantung ditanggung BPJS Kesehatan. (Foto: Grandyos Zafna/detikHealth) Biaya pemasangan ring jantung ditanggung BPJS Kesehatan. (Foto: Grandyos Zafna/detikHealth)
Jakarta - Pemasangan ring jantung berfungsi meningkatkan harapan hidup pasien pengidap penyakit jantung. Ring ini biasanya dipasang untuk memastikan agar pembuluh darah tetap terbuka untuk memperkecil risiko serangan jantung.

Untuk pemasangan ring jantung, biayanya bervariasi. Spesialis jantung, dr Vito A Damay, menuturkan setidaknya harus menyediakan sekitar Rp 80 juta untuk biaya pemasangan.

"Kisaran segitu tapi bervariasi bisa lebih mahal kalau ring yang dipasang lebih dari satu, atau tingkat kesulitan tinggi hingga butuh alat alat lebih banyak atau kondisinya klinisnya berat misalnya sedang serangan jantung," jelasnya saat dihubungi detikHealth, Senin (25/3/2019).



Biaya pemasangan yang cukup mahal biasanya membuat masyarakat bertanya-tanya, apakah operasi ini ditanggung oleh layanan BPJS Kesehatan?

"Pemasangan ring jantung dicover BPJS. Range harga tergantung kelas dan rumah sakitnya," kata dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA, dokter jantung dari RS Mayapada, kepada detikHealth di waktu yang terpisah.

Meskipun biaya pemasangan ring jantung sudah gratis, masyarakat tetap diharapkan untuk menghindari faktor pemicu penyakit jantung. Sebab, jika sudah terlanjur sakit maka pengobatannya akan berlangsung lama.



Biaya Pasang Ring Jantung Puluhan Juta, Ditanggung BPJS Tidak Ya?
(kna/up)