Senin, 25 Mar 2019 21:11 WIB

Manfaat Kentang, Makanan Pengganti Nasi untuk Kesehatan

Niken Widya Yunita - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kentang merupakan makanan murah dan banyak nutrisi pengganti nasi. Makanan itu akhir-akhir ini banyak ditemukan untuk cemilan. Tapi tahukah kamu manfaat kentang untuk kesehatan?

Berikut adalah 7 manfaat kesehatan dan nutrisi dari kentang.



1. Banyak Nutrisi

Kentang adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Kandungan nutrisi kentang dapat bervariasi tergantung pada cara mengolahnya. Misalnya, kentang goreng. Lebih banyak kalori dan lemak dari kentang goreng daripada kentang panggang.

Penting juga untuk dicatat bahwa kulit kentang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengupas kentang dapat secara signifikan mengurangi kandungan gizinya.

2. Mengandung Antioksidan

Kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Senyawa ini merupakan antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Ketika radikal bebas menumpuk akan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.



3. Mengontrol Gula Darah

Kentang mengandung jenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten. Pati ini sepenuhnya diserap oleh tubuh. Pati resisten akan meningkatkan kontrol gula darah. Agar mengontrol gula darah, simpan kentang rebus di lemari es semalam dan konsumsi dalam keadaan dingin.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten dari kentang sebagian besar dikonversi menjadi asam lemak rantai pendek butirat (sumber makanan pilihan untuk bakteri usus). Butirat dapat mengurangi peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal.

5. Bebas Gluten

Diet bebas gluten adalah salah satu diet paling populer di seluruh dunia. Gluten dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum.

Orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten non-celiac dapat mengalami ketidaknyamanan yang parah ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejalanya meliputi sakit perut yang tajam, diare, sembelit, kembung, dan ruam pada kulit. Jika diet bebas gluten, maka kamu harus mempertimbangkan untuk menambahkan kentang ke dalam menu diet.

6. Mengenyangkan

Selain bergizi, kentang juga sangat mengenyangkan. Makanan yang bikin kamu kenyang ini dapat membantu mengatur atau menurunkan berat badan. Sudah pasti diet kamu akan aman dong!

Beberapa bukti menunjukkan bahwa protein kentang tertentu, yang dikenal sebagai kentang proteinase inhibitor 2 (PI2), dapat mengekang nafsu makan. Protein ini tampaknya meningkatkan pelepasan cholecystokinin (CCK), hormon yang meningkatkan rasa kenyang.

7. Diolah Berbagai Cara

Kentang tidak hanya sehat, tetapi juga lezat dan dapat diolah berbagai cara. Kentang dapat diolah dengan berbagai cara, termasuk direbus, dipanggang, dan dikukus. Namun, menggoreng kentang dapat meningkatkan kalorinya jika kamu menggunakan banyak minyak.

Sebagai gantinya, cobalah mengiris kentang dan kemudian memanggangnya dalam oven dengan sedikit minyak zaitun. Pastikan untuk tidak menghilangkan kulit kentang, karena sebagian besar nutrisi ada di sana. Hal ini akan memastikan kamu menerima jumlah nutrisi maksimum dari kentang. (nwy/up)